Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Bawaslu Respons Insiden Perusakan Atribut Kampanye Demokrat

Sabtu 15 Dec 2018 21:28 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani

Ketua Bahan pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan.

Ketua Bahan pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan.

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Terjadi insiden perusakan bendera Demokrat saat SBY berkunjung ke Pekanbaru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Bawaslu Abhan ikut mengomentari terkait peristiwa perusakan atribut kampanye Partai Demokrat di depan gedung DPRD Riau. Abhan mengaku masih harus mengkaji terlebih dahulu kejadian tersebut.

"Kalau masuk pidana pemilu ada di Sentra Gakkumdu, kalau itu pidana umum ditangani kepolisian. Kita akan lihat apa itu masuk pidana pemilu atau tidak," kata Abhan kepada wartawan, Sabtu (15/12).

Abhan mengatakan, akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Bawaslu Riau terkait kejadian tersebut. Sebelumnya dikabarkan sejumlah atribut Partai berlambang Merci dirusak oleh orang tak dikenal. Pengrusakan itu bersamaan dengan kunjungan kerja Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Kota Pekanbaru, akhir pekan ini.

SBY juga telah mengomentari kejadian tersebut. Dalam video yang beredar luas di media sosial, SBY tampak begitu sedih dan kecewa dengan insiden tersebut. Menurutnya, perusakan atribut partai tersebut sama saja dengan menginjak harga dirinya, sebagai pendiri dan ketua umum partai berwarna biru itu.

"Dini hari saya menerima laporan bahwa baliho selamat datang dan bendara partai dirusak. Kemudian saya tidak langsung percaya. Pagi ini saya melihat langsung ternyata benar baliho dirobek serta bendara partai dibuang ke selokan, saya sangat menyayangkan kejadian ini" kata SBY.

Ketua Umum Partai Demokrat tersebut juga telah SBY pun meminta para kadernya mencabut sendiri atribut partai yang dipasang. "Untuk kepentingan rakyat Indonesia yang kita cintai, saya minta turunkan bendera Partai Demokrat, baliho saya di Pekanbaru. Daripada dirobek dan dibuang ke parit," ujar SBY dalam sambutannya dalam acara pelantikan pengurus Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrat se-Provinsi Riau di Pekanbaru, Sabtu (15/12).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA