Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Soal KTP-el, TKN Minta Kemendagri Beri Penjelasan

Ahad 09 Des 2018 12:55 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Bayu Hermawan

Abdul Kadir Karding

Abdul Kadir Karding

Foto: Mahmud Muhyidin
Karding khawatir ada pihak yang duga kasus tersebut untuk memanipulasi data pemilih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin Abdul Kadir Karding mengatakan, pihaknya menyerahkan ditemukannya Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), yang sudah dan akan kedaluwarsa di Duren Sawit, Jakarta Timur, ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Karding khawatir ada pihak yang duga kasus tersebut untuk memanipulasi data pemilih.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding meyakini adanya temuan e-KTP ini bukan indikasi adanya pihak yang bermain dengan data pemilih. "Kan sudah ada data pemilih tetap (DPT) yang diverifikasi parpol sama KPU, dua tim, itu kan diverifikasi oleh KPU itu. Jadi tidak perlu dikhawatirkan," kata Karding kepada Republika.co.id, Ahad (9/12).

Mengenai temuan e-KTP tersebut ia menyerahkan penjelasan sepenuhnya kepada Kemendagri. Namun ia menegaskan bahwa hal tersebut tidak berhubungan dengan tim capres-cawapres No.1. "Itu framing saja seolah-olah pemerintah menggunakan data palsu," katanya.

Diberitakan sebelumnya, sekitar 2.000 KTP elektronik (KTP-el) ditemukan tercecer di Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (8/12). KTP disimpan di dalam karung dan ditemukan oleh anak-anak yang sedang bermain.

"Ada 2.000 lebih," Kapolsek Duren Sawit, Parlindungan Sutasuhut saat dikonfirmasi, Sabtu (8/12).

Ia mengatakan, KTP elektronik itu ditemukan oleh anak-anak yang sedang bermain di lokasi sekitar jam setengah dua siang. Saat diperiksa oleh warga setempat, KTP tersebut ditemukan dalam kondisi tidak terpotong-potong dan terisi dengan data pribadi warga. Meski demikian, sebagian KTP ditemukan dalam kondisi rusak dan tidak terbaca tulisannya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA