Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Respons Survei LSI, Ini Kata TKN Jokowi-Ma'ruf

Sabtu 17 Nov 2018 13:47 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin

Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin

Foto: Antara/MN Kanwa
Ma'ruf Amin memiliki pengaruh besar ke masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Ruhut Sitompul tak terlalu mempersoalkan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA yang mengungkap lima ulama paling berpengaruh ke pemilih. Menurutnya, kubu Jokowi-Ma'ruf optimistis dengan sosok Ma'ruf Amin sebagai kiai dan ulama, memiliki pengaruh besar ke masyarakat.

"Saya beberapa kali mendampingi KH Ma'ruf. Amin, beliau juga ulama lho tapi ngga tau karena mungkin cawapres, nggak dimasukin dalam poling atau apa, saya nggak ngerti tapi beliau sangat berpengaruh," ujar Ruhut saat ditemui wartawan di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (17/11).

Ruhut pun enggan mengkotak-kotakkan pengaruh ulama kepada pemilih tertentu. Karena baginya, masing-masing kiai atau ulama memiliki pendukung yang kuat.

"Kita harus memahami bahwa kiai ulama mereka juga punya pendukung yang kuat, jadi saya rasa para tokoh ulama apapun saya salut," ujar Ruhut.

Namun demikian, Ruhut menilai lima ulama yang menurut survei LSI Denny JA paling berpengaruh, adalah murid dari KH Maruf Amin.

"Lima besar ini adalah murid-murid beliau. Jadi kami di TKN tidak berpengaruh dengan hal itu. Karena kami yakin pengaruh KH Ma'ruf juga sangat besar," ujar Ruhut.

Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebutkan imbauan atau pendapat yang disampaikan Ustaz Abdul Somad (UAS) paling banyak diikuti dibandingkan ulama lain. Masyarakat yang mengikuti imbauan UAS sebanyak 30,2 persen.

Selain UAS, ulama yang dianggap masyarakat paling berpengaruh berdasarkan survei LSI Denny JA, yakni Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansur, Ustadz Abdullah Gymnastiar, dan Habib Rizieq Shihab.

Ada tiga syarat utama kriteria ulama berpengaruh versi LSI Denny JA, yaitu tingkat pengenalan diatas 40 persen, tingkat kesukaan di atas 50 persen, dan kemampuan mempengaruhi di atas 15 persen.

Pendapat ulama yang paling banyak diikuti masyarakat setelah UAS, yakni Ustaz Arifin Ilham (25,9 persen), Ustaz Yusuf Mansur (24,9 persen), Aa Gym (23,5 persen), dan Habib Rizieq (17 persen). Menurut dia, dari kelima ulama tersebut, Aa Gym merupakan ulama yang paling dikenal masyarakat dengan presentase 69,3 persen, UAS (59,3 persen), Ustaz Yusuf Mansur (57,2 persen), Habib Riezieq (53,4 persen), dan Ustaz Arifin Ilham (41,2 persen).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES