Thursday, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Thursday, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres-Cawapres di Kampus

Ahad 21 Oct 2018 00:50 WIB

Red: Andri Saubani

Dahnil Anzar Simanjuntak

Dahnil Anzar Simanjuntak

Foto: dok. Istimewa
Dosen dan mahasiswa perlu diberi kesempatan mengkritisi program capres-cawapres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Kampanye Nasional Prabowo-Sandiaga Uno mengusulkan debat kandidat dalam rangka Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 digelar di kampus-kampus dan melibatkan dialog dengan akademisi serta mahasiswa. Koordinator Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Prabowo-Sandi Danhil Anzar Simanjuntak melalui pesan singkat diterima di Jakarta, Sabtu (20/10), mengatakan dosen dan mahasiswa-mahasiswi terpilih perlu diberi kesempatan untuk mengkritisi gagasan masing-masing capres dan cawapres.

Namun harus dipastikan bahwa dosen dan mahasiswa-mahasiswi yang terlibat debat kandidat pilpres tersebut bukan bagian dari politik praktis. "Kami mengusulkan debat digelar di kampus terpilih, diikuti oleh akademisi dan mahasiswa terpilih yang bebas berdialog dan 'menguliti' semua visi-misi kandidat, dan disiarkan langsung di televisi-televisi nasional, tidak perlu menghadirkan para pendukung di hotel misalnya jadi lebih ekonomis dan efisien," kata Danhil.

Danhil juga menyampaikan usulan tersebut dalam sebuah diskusi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Danhil mengatakan jika usulan tersebut direalisasikan, maka Indonesia telah meningkatkan kualitas demokrasinya.

Menurut dia, debat kandidat pilpres yang biasanya digelar di hotel tidak kondusif karena suasana debat kerap terganggu oleh sorak-sorai pendukung kandidat. Alhasil, kontestasi gagasan kurang berjalan lancar. Selain itu debat yang digelar di hotel juga akan membutuhkan dana yang lebih besar dibanding digelar di kampus universitas.

"Daripada debat di hotel yang datang pendukung itu susah tertibnya teriak-teriak segala macam. Paling penting apa, paling penting TV menyiarkan langsung dan tidak ada yang berisik-berisik," ujarnya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES