Rabu, 8 Safar 1440 / 17 Oktober 2018

Rabu, 8 Safar 1440 / 17 Oktober 2018

Ketua TKN KIK: Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Saling Percaya

Jumat 12 Okt 2018 14:05 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bayu Hermawan

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin Erick Thohir

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin Erick Thohir

Foto: Republika/Da'an Yahya
Presiden Jokowi mengutip cerita serial "Game of Throne" dalam pidatonya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK), Erick Thohir mengapreasiasi pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pertemuan Bank Dunia-IMF yang menyingung cerita serial "Game of Thrones". Menurutnya, lewat cerita itu, Jokowi ingin mengajak seluruh pemimpin dunia percaya satu sama lain.

Selama ini, para pemimpin dunia dipandang saling berkompetisi satu sama lain. Padahal ada ancaman yang justru muncul ke permukaan di tengah kompetisi. Salau satunya ancaman perubahan iklim yang menghantui tanpa pandang bulu. "Pilihan yang tepat adalah  menumbuhkan kepercayaan terhadap sesama (elevate mutual trust) dan  meningkatkan kerjasama dalam banyak bidang (increase multi-lateral collaboration)," kata Ketua TKN KIK Erick Thohir dalam keterangan resmi pada wartawan, Jumat (12/10).

Erick menyimpulkan setidaknya ada tiga masalah yang melanda dunia. Pertama perang dagang yang mengganggu kemajuan negara. Kedua, gangguan teknologi yang membahayakan di dunia maya. Ketiga, ketidakpastian dunia akibat perubahan iklim dan peningkatan ketimpangan.

"Pesan moral bapak Presiden memang sangat tepat dan mewakili aspirasi dunia. Dunia sedang berhadapan dengan pilihan: lanjutkan pertarungan atau mulai bekerjasama menghadapi tantangan besar dunia," ujarnya.

Erick memandang pidato Jokowi menunjukkan kelasnya sebagai pemimpin dunia. Presiden Jokowi mengajak para pemimpin dunia dan pembuat kebijakan supaya mengedepankan kerjasama dan kolaborasi sebagai jawaban atas masalah dan ancaman bersama.

"Kepemimpinan Indonesia dalam forum IMF dan Bank Dunia mewakili semangat negara-negara kecil, menengah dan besar untuk membangun tatanan dunia baru yang lebih baik untuk semua," ucapnya.

Baca juga: Standing Applause dan Pujian untuk Pidato Kreatif Jokowi

Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat dua kali standing applause dan banyak pujian pada acara Annual Meeting IMF-World Bank Plenary, di Bali Nusa Dua Convention Center, Jumat (12/10).  Presiden Jokowi dengan cara kreatif menyampaikan kepada para pemimpin keuangan dunia untuk waspada dan meningkatkan kerja sama dalam menghadapi perkembangan ekonomi global saat ini.

Presiden Jokowi menggunakan analogi Game of Thrones dalam menyampaikan pesannya. "Akhir-akhir ini, hubungan antarnegara-negara ekonomi maju, semakin lama semakin terlihat seperti Game of Thrones Balance of Power dan aliansi antarnegara-negara ekonomi maju sepertinya tengah mengalami keretakan. Lemahnya kerja sama dan koordinasi telah menyebabkan terjadi banyak masalah, seperti peningkatan drastis harga minyak mentah dan juga kekacauan di pasar mata uang yang dialami negara-negara berkembang," kata Jokowi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA