Wednesday, 8 Safar 1440 / 17 October 2018

Wednesday, 8 Safar 1440 / 17 October 2018

Eks 212 Dukung Jokowi-Ma'ruf, PA 212: Cuma Sebagian Kecil

Kamis 11 Oct 2018 19:20 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Andri Saubani

Anggota Tim 11 Alumni 212 - Slamet Maarif

Anggota Tim 11 Alumni 212 - Slamet Maarif

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Eks 212 memberikan dukungan terutama kepada Kiai Ma'ruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif menyampaikan tanggapan terkait adanya peserta aksi 212 yang mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Mereka menamakan diri sebagai kelompok Eks 212.

Slamet mengatakan, kelompok tersebut hanya sebagian kecil yang keluar dari perahu 212. Menurut dia, proses penyaringan sedang berlangsung mana yang taat pada komando Habib Rizieq Shihab, dan mana yang mengkhianati perjuangan pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu.

Baca Juga

"Walau dengan dalih mau pulangkan HRS. Insya Allah, gerakan 212 di bawah komando HRS masih solid sampai ke daerah-daerah dan siap memenangkan PAS (Prabowo-Sandi) sesuai hasil Ijtima' Ulama Kedua," ujar dia kepada Republika.co.id, Kamis (11/10).

Hari ini, Eks 212 mendatangi Posko Tim Kampanye Nasional (TKN) Cemara di Jakarta Pusat. Kedatangan mereka untuk mendeklarasikan dukungan pada Jokowi-Ma'ruf. Dukungan diberikan, terutama kepada Kiai Ma'ruf, yang merupakan sosok ulama sungguhan dari para kandidat yang ada.

"Jadi, agenda ini jadi termasuk di dalamnya adalah kita akan memperjuangkan, dalam hal ini Rizieq Shihab, untuk kembali ke Indonesia dengan aman, nyaman, dan damai serta sesuai tentu koridor hukum," kata Koordinator Eks 212 Razman Arif Nasution.

Dalam kesempatan itu, Razman juga mengkritisi dukungan yang diberikan GNPF dan Ijtima Ulama kepada Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurutnya, munculnya gerakan 212 justru merupakan inisiasi Kiai Ma'ruf untuk mengawal kasus penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Beberapa anggota Eks 212, di antaranya Imam, Lukman Edy, Razman Arif Nasution, Muhamad Kapitra Ampera, Ustaz Kholid Hidayat, Ustaz Kurtubi al-Bantani, Ustaz Sulaeman, Ustaz Sayuti, Kustanto Arief Wibowo, Helmi Herlambang, Abdul Hamid, Ustaz Ahmad Warno, dan Ustaz Nursalim.

Razman mengatakan, hingga saat ini ada ratusan anggota Eks 212 yang siap memberikan dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf. Namun, dia mengatakan, anggota akan terus bertambah secara nasional.

Ijtima Ulama II beberapa waktu lalu telah memutuskan mendukung pasangan Prabowo-Sandi. Ijtima ini diisi oleh mereka yang aktif pada berbagai aksi terkait kasus penistaan agama mantan bupati Belitung Timur, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA