Wednesday, 8 Safar 1440 / 17 October 2018

Wednesday, 8 Safar 1440 / 17 October 2018

Dukung Jokowi-Ma'ruf, Eks 212 Perjuangkan Kepulangan Rizieq

Kamis 11 Oct 2018 17:45 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Andri Saubani

Razman Arif Nasution

Razman Arif Nasution

Foto: dok. Republika
Eks 212 memberikan dukungan terutama kepada Kiai Ma'ruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eks peserta aksi Gerakan 212 yang menamakan diri sebagai kelompok Eks 212 menyatakan dukungan mereka kepada pasangan presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Dukungan diberikan terutama kepada Kiai Ma'ruf yang merupakan sosok ulama sungguhan dari para kandidat yang ada.

Baca Juga

Dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf dideklarasikan saat Eks 212 menyambangi posko Tim Kampanye Nasional (TKN) Cemara di Jakarta Pusat, Kamis (11/10). Deklarasi dibacakan secara bersama-sama oleh anggota Eks 212 yang datang ke posko Cemara.

Deklarasi berisi tiga poin, pertama, Eks 212 bergerak mengawal ulama untuk memimpin NKRI dan KH Ma'ruf Amin menjadi calon wakil presiden adalah bukti nyata terkabulnya doa dan perjuangan 212. Kedua, Eks 212 akan memperjuangkan untuk mengembalikan atau memulangkan kembali Habib Rizieq Shihab ke Indonesia tanpa halangan yang berarti.

Ketiga, Eks 212 memperjuangkan aspirasi umat Islam mewujudkan pembangunan yang adil, sejahtera, dan makmur. Sebabnya, Eks 212 meminta kepada Jokowi dan Kiai Ma'ruf untuk memperjuangkan ekonomi syariah, pendidikan Islam, dan pesantren guna penegakan hukum yang adil dan merata di seluruh Indonesia.

"Jadi, agenda ini jadi termasuk di dalamnya adalah ktia akan memperjuangkan, dalam hal ini Rizieq Shihab, untuk kembali ke Indonesia dengan aman, nyaman, dan damai serta sesuai tentu koridor hukum," kata Koordinator Eks 212 Razman Arif Nasution.

Dalam kesempatan itu, Razman juga mengkritisi dukungan yang diberikan GNPF dan Ijtima Ulama kepada Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dia mengatakan, munculnya gerakan 212 merupakan inisiasi Kiai Ma'ruf untuk mengawal kasus penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Dia mengatakan, gerakan itu kemudian dihidupkan kembali atas nama PA 212 yang kemudian menyatakan dukungan mereka kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02. Alasan ini juga, dia mengungkapkan, yang kemudian melahirkan Eks 212 untuk mendukung lawan politik Prabowo.

Beberapa anggota Eks 212, di antaranya Imam, Lukman Edy, Razman Arif Nasution, Muhamad Kapitra Ampera, Ustaz Kholid Hidayat, Ustaz Kurtubi al-Batani, Ustaz Sulaeman, Ustaz Sayuti, Kustanto Arief Wibowo, Helmi Herlambang, Abdul Hamid, Ustaz Ahmad Warno, dan Ustaz Nursalim.

Razman mengatakan, hingga saat ini ada ratusan anggota Eks 212 yang siap memberikan dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf. Namun, dia mengatakan, anggota akan terus bertambah secara nasional.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA