Monday, 4 Safar 1442 / 21 September 2020

Monday, 4 Safar 1442 / 21 September 2020

Produsen Jamin Kualitas Kotak Suara Transparan untuk Pemilu

Ahad 30 Sep 2018 20:10 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Israr Itah

Komisioner KPU Ilham Saputra menunjukan sampel kotak suara saat monitoring produksi perdana kotak dan bilik suara Pemilu 2019, di Pabrik PT Karya Indah Multiguna (PT.KIM), Bekasi, Jawa Barat, Ahad (30/9).

Komisioner KPU Ilham Saputra menunjukan sampel kotak suara saat monitoring produksi perdana kotak dan bilik suara Pemilu 2019, di Pabrik PT Karya Indah Multiguna (PT.KIM), Bekasi, Jawa Barat, Ahad (30/9).

Foto: Republika/Prayogi
Kotak suara transparan dijanjikan tidak mudah rusak jika terkena percikan air.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI-- Produsen kotak suara transparan megklaim kualitas logistik pemilu tersebut di atas rata-rata produk yang ada di pasaran. Kotak suara transparan dijanjikan tidak mudah rusak jika terkena percikan air. 

Direktur Produksi PT Karya Indah Multiguna, Johan Purwanto, mengatakan, bahan baku pembuat kotak suara transparan sudah dilapisi dengan bahan kedap air. Ini sudah sesuai dengan kondisi geografis Indonesia. 

"Kalau kecipratan air tidak akan rusak. Kualitas bahan baku yang digunakan di atas mereka (brand ternama). Boleh dikatakan baguslah, A ke atas, karena cukup tebal," ujarnya kepada wartawan di PT Karya Indah Multiguna, Bekasi, Ahad (30/9). 

Dia melanjutkan, kotak suara transparan tidak didesain untuk terendam air. Namun, melihat kekuatan bahan baku, kotak ini nantinya diperkirakan akan awet dan tidak mudah rusak. "Kalau terpercik air sedikit-sedikit seharusnya enggak (rusak) ya," tuturnya. 

Terpisah, Presiden Direktur PT Cipta Multi Buana Perkasa, Charlix, memastikan produksi kotak suara transparan beserta bilik suara akan selesai tepat waktu. KPU memasang target penyelesaian produksi selama 64 hari. 

"Kami yakin bisa selesai tepat waktu. Kami akan melakukan produksi kotak suara dan bilik suara sebagaimana spesifikasi yang sudah diatur oleh KPU." tegasnya. 

Sebelumnya, Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi, mnenjelaskan, secara keseluruhan produksi kotak suara transparan sebanyak 4.060.000 unit. Sementara itu, produksi bilik suara dengan bahan kertas karton kedap air secara keseluruhan berjumlah 2,1 juta unit. 

Produksi dua jenis logistik Pemilu 2019 ini dilakukan oleh empat perusahaan yakni PT Cipta Multi Buana Perkasa (Kabupaten Tangerang), PT Karya Indah Multiguna (Bekasi), PT Asada Mitra Packindo (Serang) dan PT Intan Ustrix (Gresik). Adapun tupoksi produksi masing-masing perusahaan itu yakni PT Cipta Multi Buana Perkasa membuat 540.940 unit kotak suara dan 811.172 unit bilik suara, kemudian PT Karya Indah Multiguna membuat 2.399.583 unit kotak suara dan 994.628 unit bilik suara, selanjutnya PT Asada Mitra Packindo membuat 132.898 unit kotak suara, serta terakhir PT Intan Ustrix membuat 986.658 unit kotak suara dan 310.099 unit bilik suara. 

Ukuran kotak suara dibuat dengan panjang 60 cm dengan lebar 40 cm. Kotak suara memiliki sisi transparan di bagian depan. Selain transparan, bagian depan kotak suara itu nantinya secara berturut-turut juga dicantumkan keterangan nomor kotak suara, nomor TPS, nama TPS, nama panitia pemilihan  kecamatan  (PPK), kabupaten/kota lokasi (TPS) dan provinsi (lokasi TPS). 

Sementara untuk bilik suara produksi baru juga menggunakan bahan karton kedap air. Ukuran untuk bilik suara ini yakni panjang 600 mm dan lebar 500 mm.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA