Minggu, 12 Safar 1440 / 21 Oktober 2018

Minggu, 12 Safar 1440 / 21 Oktober 2018

Cak Imin Sambut Positif Dukungan Yenny Wahid

Ahad 30 Sep 2018 16:07 WIB

Rep: Dedy Darmawan/ Red: Elba Damhuri

Yenny Wahid deklarasikan dukungan pasangan Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin di Rumah Pergerakan Politik Gus Dur, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (26/9).

Yenny Wahid deklarasikan dukungan pasangan Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin di Rumah Pergerakan Politik Gus Dur, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (26/9).

Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Dukungan Yenny Wahid kepada Jokowi-Ma'ruf perkuat upaya meraih kemenangan.

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -– Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyambut baik dukungan dari putri Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, kepada Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Menurut Cak Imin, Yenny Wahid harus dipromosikan untuk mendapat jabatan yang tinggi di tim kampanye.

“Bagus, Bagus. Yenny bagi saya harus dipromosikan setinggi mungkin,” kata Muhaimin kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Ahad (30/9).

Sejauh ini, Cak Imin juga belum mengetahui posisi apa yang akan diberikan kepada Yenny Wahid. Ia pun mengaku tidak keberatan jika Yenny Wahid akan ditugaskan pejawat Joko Widodo memegang tugas strategis di tim kampanye.

Menurut dia, dukungan dari manapun harus disambut karena bisa memperkuat upaya pemenangan pejawat. Yenny sebagai tokoh strategis diharapkan bisa membawa dampak positif bagi perolehan suara Jokowi-Ma’ruf pada hari Pemilu 2019 mendatang.

Sebelum Yenny menyatakan dukungan kepada pasangan pejawat, Yenny  telah menerima kunjungan dari masing-masing kandidat di kediaman keluarga Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan.

Kunjungan pertama yakni oleh Joko Widodo. Kunjungan kedua, oleh cawpres Sandiaga Uno dan disusul kunjungan ketiga capres Prabowo Sandiaga.

Terakhir, kunjungan dilakukan oleh cawapres pendamping Joko Widodo, KH Ma’ruf Amin pada Rabu, (26/9) pagi. Di hari yang sama, sekitar pukul 15.00 WIB, Yenny bersama Konsorsium kader Gus Dur mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf di Rumah Perjuangan Gus Dur, Kalibata, Jakara Selatan.

Beberapa hari sebelumnya, kepada Republika.co.id, Yenny sempat menyebut bahwa dirinya membuka opsi netral. Namun, menjelang pengumuman dukungan, Yenny menyatakan akan memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon.

Hal itu dia tempuh sebagai langkah sikap politik untuk menyuarakan aspirasi kader Gus Dur. Yenny pun memilih mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Sesaat setelah deklarasi dukungan, Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto, mengatakan akan memberikan posisi strategis bagi Yenny. Pemilik nama asli Zaanuba Arifah Chafsoh tersebut bahkan diberikan kewenangan untuk berkomunikasi langsung dengan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES