Senin, 22 Ramadhan 1440 / 27 Mei 2019

Senin, 22 Ramadhan 1440 / 27 Mei 2019

Jokowi: Masyarakat Jangan Terpecah-Belah dalam Pilpres

Sabtu 22 Sep 2018 07:36 WIB

Red: Ratna Puspita

Pasangan Capres Petahana dan Cawapres, Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin menemui para pendukungnya sebelum mendatangi kantor KPU RI di Tugu Proklamasi, Jakarta, Jumat (21/9).

Pasangan Capres Petahana dan Cawapres, Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin menemui para pendukungnya sebelum mendatangi kantor KPU RI di Tugu Proklamasi, Jakarta, Jumat (21/9).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Jokowi mengatakan masyarakat bebas untuk menentukan pilihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo kembali mengimbau masyarakat jangan sampai terpecah-belah saat Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2019 yang merupakan pesta demokrasi. Jangan sampai, ia menekankan, pesta demokrasi justru membuat masyarakat tidak saling sapa dan tidak rukun.

"Antar kampung tidak saling sapa, antarteman menjadi tidak rukun kembali, dan kita tidak terasa sebagai saudara sebangsa dan setanah air, itu yang seharusnya tidak," kata Jokowi di Rumah Makan Mbah Jingkrak, Setiabudi, Jakarta, sebelum pengundian nomor urut, Jumat (21/9).

KPU melaksanakan pengundian nomor urut pasangan calon presiden-wakil presiden pada Jumat malam. Jokowi, yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019, mendapatkan nomor urut 2.

"Saya sudah sampaikan berulang-ulang, pesta demokrasi setiap lima tahun sekali, bukan hanya pilpres, ya, ada pemilihan gubernur, pemilihan bupati, pemilihan wali kota, dan juga jangan lupa pemilihan kepala desa, ini pesta demokrasi, proses demokrasi yang memang sudah menjadi amanat undang-undang," kata Presiden. 

Ia pun menilai masyarakat bebas untuk menentukan pilihan pasangan calon presiden-wakil presiden, yakni apakah memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf atau Prabowo-sandiaga. "Mau milih siapa silakan karena memang ini pesta demokrasi, beda pilihan juga tidak apa-apa tetapi kerukunan, persatuan persaudaraaan sebagai saudara sebangsa setanah air jangan sampai dilupakan saya kira itu," tegas Presiden.

Saat makan siang di RM Mbah Jingkrak tadi siang, kedatangan Jokowi sempat membuat heboh pengunjung rumah makan tersebut. Beberapa pengunjung nekat mendekati Jokowi untuk mengajak berswafoto meski diminta tertib oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Tadi makan oseng-oseng daun pepaya, tempe mendoan, kerupuk. Sudah. Itu saja yang kita makan hanya itu," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi, Metallica, dan Super Junior

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA