Wednesday, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Wednesday, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

TKN: Dukungan Kepala Daerah ke Jokowi tak Dibuat-buat

Rabu 19 Sep 2018 18:30 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil

Daftar politikus Demokrat pendukung Jokowi-Ma'ruf

Daftar politikus Demokrat pendukung Jokowi-Ma'ruf

Foto: Dok Republika
TKN tak meminta kepala daerah memberi dukungan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA-- Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Eriko Sotarduga menegaskan deklarasi dukungan para kepala daerah kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf bukan sesuatu dibuat-buat oleh Koalisi Indonesia Kerja. Hal ini disampaikan Eriko untuk merespon deklarasi dukungan 10 kepala daerah di Sumatra Barat (Sumbar) dan pernyataan Gubernur-Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

Diketahui baik Sumbar maupun NTB adalah wilayah di mana suara Jokowi kalah dari Prabowo di Pilpres 2014 lalu. "Kami melihat dukungan kepala daerah itu bukan hal yang dibuat-buat atau dikondisikan, ini kesadaran kepala daerah melihat hasil kinerja Jokowi," kata Eriko di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/9).

Eriko menilai para kepala daerah menyadari bahwa kinerja Presiden Jokowi yang memberi perhatian dalam pembangunan infrastruktur dan atensi ke kepala daerah. Ia mencontohkan daerah-daerah pelosok yang mendapat perhatian di era Pemerintahan Jokowi.

"Infrastruktur yang sebelumnya belum dituntaskan sekarang sudah hampir dituntaskan," katanya.

Eriko sekaligus menjawab tudingan bahwa KIK dinilai menggaet suara di wilayah tersebut dengan menggunakan kepala daerah. Menurutnya, KIK tidak meminta agar kepala daerah tersebut untuk mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Ini kesadaran dari masing-masing untuk menghargai kerja Pak Jokowi yang memberi perhatian dalam pembangunan infrastuktur dan keseriusan beliau kepada kepala daerah," kata Eriko.

Lagipula kata Eriko, dukungan para Kepala daerah tidak kemudian menjamin suara mayoritas pemilih di wilayah itu kemudian memilih Jokowi-Ma'ruf

"Tidak ada satu jaminan pasti setelah kepala daerah menyatakan dukungan lalu masyarakat akan mendukung Jokowi. Tentu ini masalah hati pikiran dan keyakinan. Apakah nanti yang dipilih ini merepresentasikan masyarakat ke depan. Tentu kami tak sejauh itu. Lembaga survei yang akan menunjukkan itu," kata Eriko.

Sebanyak 10 kepala daerah, terdiri dari bupati dan wali kota, di Sumatra Barat menyatakan dukungannya kepada Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2019 nanti. Kesepuluh kepala daerah tersebut menyampaikan dukungannya di Hotel Inna Muara, Kota Padang, Selasa (18/9).

Kesepuluh kepala daerah yang secara terang-terangan mendukung Jokowi-Ma'ruf adalah Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, dan Wali Kota Solok Zul Elfian.Selain itu, empat kepala daerah lainnya yang berhalangan hadir namun ikut menyatakan dukungannya adalah Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Bupati Solok Gusmal, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, dan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet. Artinya, sebanyak 10 kepala daerah, alias separuh dari 19 kabupaten/kota di Sumbar mendeklarasikan dukungannya untuk Jokowi-Ma'ruf.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA