Thursday, 13 Sya'ban 1440 / 18 April 2019

Thursday, 13 Sya'ban 1440 / 18 April 2019

KPU Tetapkan Capres-Cawapres Besok

Rabu 19 Sep 2018 13:27 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Muhammad Hafil

Logo KPU

Logo KPU

Foto: beritaonline.co.cc
Pengambilan nomor urut digelar pada Jumat malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, mengatakan pihaknya akan secara resmi menetapkan calon presiden dan calon presiden (capres-cawapres) Pemilu 2019 pada Kamis (20/9). Selain menetapkan dua pasangan capres-cawapres, KPU juga akan menetapkan daftar calon tetap (DCT) untuk calon anggota DPD, caleg DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

"Kami akan melakukan penetapan pasangan capres-cawapres serta DCT Pemilu 2019 pada Kamis sore," ungkap Wahyu ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Rabu (19/9).

Agenda penetapan itu, rencananya digelar sejak pukul 16.00 WIB di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat. Wahyu melanjutkan, setelah semua ditetapkan, KPU akan menggelar agenda pengambilan nomor urut bagi pasangan capres-cawapres Pemilu 2019.

Pengambilan nomor urut rencananya digelar pada Jumat (21/9) malam di Kantor KPU. Menurut Wahyu, masing-masing pasangan capres-cawapres harus hadir saat pengambilan nomor urut pada Jumat malam.

"Saat ini kami sedang menyelesaikan ketentuan untuk teknis pelaksanaan pengambilan nomor urut itu. Siapa saja selain capres-cawapres yang boleh hadir, berapa jumlah pendukung yang boleh hadir dan sebagainya," tambah Wahyu.

Setelah pengambilan nomor urut pada 21 September, akan resmi dimulai pelaksanaan kampanye Pemilu 2019. Hari pertama pelaksanaan kampanye ditetapkan pada 23 September 2018. Masa kampanye Pemilu 2019 berlangsung selama tujuh bulan hingga berakhir pada April 2019.

Sebagaimana diketahui, saat ini sudah ada dua pasangan bakal capres-cawapres yang mendaftar ke KPU. Keduanya yakni pasangan pejawat Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandiaga). Kedua pasangan ini sudah melengkapi berkas pendaftaran dan juga sudah lolos menjalani pemeriksaan kesehatan. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA