Selasa, 16 Ramadhan 1440 / 21 Mei 2019

Selasa, 16 Ramadhan 1440 / 21 Mei 2019

KPU: Daftar Calon Tetap Pemilu Ditetapkan 20 September

Rabu 19 Sep 2018 04:40 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Bayu Hermawan

Komisioner KPU Hasyim Azhari

Komisioner KPU Hasyim Azhari

Foto: Republika/Rahma Sulistya
KPU mengatakan belum ada rencana untuk memundurkan tanggal penetapan DCT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari menegaskan, daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2019 tetap akan diumumkan pada pekan ini. KPU memastikan putusan Mahkamah Agung (MA) tidak berpengaruh terhadap jadwal penetapan para caleg.

Berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang tahapan, program, dan jadwal Pemilu 2019, DCT akan diumumkan pada Kamis (20/9). Menurut Hasyim, KPU berupaya untuk mematuhi jadwal itu.

"Sampai saat ini, belum ada perubahan jadwal penetapan DCT. DCT tetap akan ditetapkan pada 20 September," ujar Hasyim saat dijumpai wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/9).

KPU pun tidak mempertimbangkan opsi pengunduran penetapan DCT. Sebab, kata Hasyim, jadwal penetapan itu sudah tinggal dua hari lagi.  "Kemungkinan tidak akan diundur penetapannya sebab masih ada dua hari lagi menjelang 20 September," kata Hasyim.

Karena itu, KPU tetap mengupayakan penyelesaian revisi terhadap PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi,  dan DPRD Kabupaten/Kota dan PKPU Nomor 26 Tahun 2018 yang merupakan perubahan kedua atas PKPU Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPD. Revisi atas dua PKPU yang memuat larangan bagi mantan narapidana korupsi, mantan narapidana kejahatan seksual kepada anak, dan mantan narapidana bandar narkoba menjadi caleg ini harus selesai sebelum 20 September.

"Cukup atau tidak cukup waktunya, harus memungkinkan untuk melakukan revisi. (Putusan MA) segera dilaksanakan akan semakin baik. Karena KPU dalam konteks pemilu ada jadwalnya, untuk 20 September itu ada penetapan DCT," ujarnya.

DCT nantinya terdiri dari daftar calon anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota serta daftar calon anggota DPD. Selain itu, pada 20 September nanti, juga akan dilakukan penetapan capres-cawapres Peserta Pemilu 2019.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA