Selasa, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Selasa, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Kiai Ma'ruf Hadiri Silaturahim NU di Makkah

Sabtu 18 Agustus 2018 15:16 WIB

Rep: Fitriyan Zamzami/ Red: Ratna Puspita

KH Ma'ruf Amin nampak hadir di antara sejumlah kiai dan pejabat yang menghadiri Silaturahim NU Sedunia di Makkah, Sabtu (18/8).

KH Ma'ruf Amin nampak hadir di antara sejumlah kiai dan pejabat yang menghadiri Silaturahim NU Sedunia di Makkah, Sabtu (18/8).

Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Acara ini diklaim tak politis, meski ada doa bagi kader NU yang berlaga pada pilpres.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ma’ruf Amin ikut menghadiri Silaturahim PCNU Sedunia di Makkah, Sabtu (18/8). Sejumlah pejabat yang berangkat haji tahun ini juga menghadiri acara tersebut.

Silaturahim PCNU Sedunia di Makkah dikordinasikan oleh PC Istimewa NU Arab Saudi. Sedikitnya perwakilan PCINU dari 23 negara hadir dalam acara yang digelar di di Hotel Wihdah Tower, Biban Jarwal, Makkah.

Kiai Ma'ruf tiba di Hotel Wihdah Tower, sekitar pukul 09.30 waktu Arab Saudi. Kiai Ma'ruf langsung bergabung dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang terlebih dahulu tiba di lokasi.

Selain mereka berdua, dalam acara tersebut hadir juga Khatib Aam PBNU KH Yahya Staquf, Sekjen PBNU Helmy Faisal. Ada juga Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Dubes RI untuk Lebanon Chozin Khumaidi, Dubes RI untuk Azerbaijan Husnan Bey Fannani.

Tampak hadir pula Menristek Dikti Muhammad Nasir, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dan wakil gubernur Jawa timur terpilih Emil Dardak. Kiai Ma'ruf akan mengisi sarasehan dengan tema Nahdlatul Ulama untuk Perdamaian Dunia tersebut.

Terkait keberadaan Kiai Ma’ruf yang juga merupakan bakal calon wakil presiden, Sekretaris Panitia Silaturahim PCNU Sedunia Ahmad Thobib menekankan tak ada yang politis dari acara tersebut. Ia menegaskan acara ini tidak sama sekali untuk deklarasi dukungan KH Ma'ruf Amin sebagai capres.

“Ini murni silaturahim antar warga Nahdliyyin yang berhaji di seluruh dunia," kata Ahmad Tobib yang merupakan anggota PCI NU Arab Saudi tersebut.

Kendati demikian, dalam sambutannya, Ketua Panitia Silaturahim PCNU Sedunia Ahmad Fuad Abdul Wahab mendoakan seluruh kader NU yang berlaga dalam pemilihan presiden dan pemilihan legislatif tahun depan agar terpilih. “Kebetulan di depan kita juga ada kader yang merupakan cawapres,” kata dia sontak diamini ratusan peserta yang menghadiri acara tersebut. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES