Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Pramono: Asman Mundur karena Perbedaan Pilihan Politik

Selasa 14 Aug 2018 17:07 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil

Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur

Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur

Foto: Antara/ Widodo S. Jusuf
Kemunduran diri Asman tak berkaitan dengan kinerjanya.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur akan mengundurkan diri dari Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK. Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, mundurnya Asman Abnur karena perbedaan pilihan politik.

"Kita mengucapkan terima kasih, tetapi karena perbedaan pilihan politik menjadi berbeda. Dan kita bertemu, bergabung baik-baik, selesai baik-baik," ujar Pramono di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (14/8).

Rencana mundurnya Asman Abnur dari jabatannya menyusul keputusan PAN yang mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

"Memang seyogyanya setelah koalisi tergambarkan jelas, siapapun menteri yang tidak ada dalam koalisi artinya mendukung pemerintahan, berhenti," ujarnya.

Ia pun menyambut baik keputusan Asman tersebut. Sebab menurut dia, akan menjadi tak elok jika Asman masih berada di dalam pemerintahan setelah partainya memutuskan untuk mendukung kubu Prabowo.

"Karena bagaimanapun tidak elok kalau kemudian beliau (Asman) ada di dalam pemerintahan," tambahnya.

Pramono menjelaskan, sebelumnya Presiden Jokowi meminta Menteri Sekretaris Negara dan dirinya untuk memanggil Asman terkait hal ini. Kemudian, Asman pun menemui Mensesneg Pratikno pada pagi hari ini.

"Dan Pak Asman sendiri dengan berbesar hati tentunya beliau akan memenuhi itu," ujarnya.

Kendati demikian, ia menegaskan pengunduran diri Asman tak berkaitan dengan kinerjanya selama ini di pemerintahan. Menurut Pramono, kinerja Asman di Kabinet Kerja justru cukup baik.

"Tapi ini kan pilihan politik yang tak bisa terhindarkan," tambahnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyebut Asman Abnur akan mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Keputusan Asman ini menyusul pernyataan resmi PAN untuk mendukung pasangan capres cawapres Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019.

"Hari ini saya telah melakukan komunikasi dengan Pak Asman. Pak Asman menyatakan mohon izin untuk mengundurkan diri dari kabinet pemerintahan Pak Jokowi," ujar dia.

Menurutnya, mundurnya Asman karena tak ingin membebani pemerintahan Jokowi-JK lantaran sikap politik PAN yang berbeda dengan pemerintah. Ia juga menegaskan, mundurnya Asman bukan karena permintaan dari Jokowi maupun partai.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA