Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

Berangkat dari Gedung Joang 45, Ini Alasan Jokowi

Jumat 10 Aug 2018 10:33 WIB

Rep: Dessy Suciati/Fauziah Mursid/ Red: Friska Yolanda

Capres pejawat Jokowi dan Ma'ruf Amien menandatangani dokumen persyaratan capres cawapres untuk diserahkan ke KPU di Gedung Joang 45, Jakarta, Jumat (10/8).

Capres pejawat Jokowi dan Ma'ruf Amien menandatangani dokumen persyaratan capres cawapres untuk diserahkan ke KPU di Gedung Joang 45, Jakarta, Jumat (10/8).

Foto: Republika/Dessy Suciati
Ma'ruf Amin memimpin doa sebelum berangkat ke KPU.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin menuju KPU dari Gedung Joang 45 untuk mendaftarkan diri sebagai capres dan cawapres di pemilu 2019. Jokowi mengatakan, dipilihnya Gedung Joang 45 sebagai titik awal sebelum menuju ke KPU lantaran gedung ini memiliki banyak sejarah. 

"Di masa lalu Gedung Joang 45 adalah tempat di mana para pejuang politik kita, Bung Karno, Bung Hatta, Adam Malik semuanya digembleng dari sisi politiknya," ujar Jokowi di Gedung Joang 45, Jumat (10/8). 

Menurut dia, Gedung Joang merupakan simbol semangat perjuangan para pemuda untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Karena itu, Jokowi dan Ma'ruf memilih Gedung Joang 45 sebagai titik awal untuk memulai perjuangan mengisi kemerdekaan Indonesia. 

"Gedung joang 45 kini kita pilih sebagai titik awal untuk memulai perjuangan dalam jalan perubahan untuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan," ucapnya. 

Baca juga, Jokowi-Ma'ruf Amin Resmi Daftar Capres-Cawapres

Menurut dia, selama empat tahun di bawah kepemimpinannya, pemerintah telah menciptakan pondasi yang kokoh sehingga dapat maju dan mengejar ketertinggalan. 

Sebelum berangkat, Ma'ruf memimpin doa bersama pasangan calon presiden dengan para pendukung. Dalam doanya, Ma'ruf memohon agar pendaftarannya dan Jokowi direstui Tuhan. Ma'ruf mengatakan Gedung Joang 45 sebagai titik awal untuk melangkah menuju pencalonan presiden dan wakil presiden.

Saat Presiden Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin tiba di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta, Jumat (10/8) langsung disambut meriah oleh para pendukung dan relawan yang menunggunya sejak pagi. Santunan shalawat badar pun terdengar mengiringi kedatangan keduanya hingga keduanya sampai di mimbar pelataran Gedung Joang 45.

Usai dari Gedung Joang keduanya akan langsung menuju KPU untuk mendaftarkan diri. Jokowi dan Ma'ruf bertolak dari Gedung Joang 45 pada pukul 09.15 WIB.

Berikut isi lengkap doa Ma'ruf Amin:

Ya Allah ya Tuhan kami, jadikanlah pertemuan kami hari ini pertemuan yang kau berkati. Pertemuan yang kau rahmati,  pertemuan yang akan menghantar calon presiden dan wakil presiden kami untuk mendaftarkan ke ke KPU dalam rangka pemilihan presiden yang akan datang.

"Ya Allah kami berangkat dari Gedung Joang ini supaya kami memperoleh semangat dan inspirasi dari para pejuang Kami, para pendahulu kami untuk membangun bangsa ini agar menjadi bangsa yang sejahtera, bangsa yang maju bangsa yang aman, Bangsa yang sayang damai.

Ya Allah ya Tuhan kami berikanlah kepada kami kemampuan, berilah kepada kami kemudahan berikanlah kami segala daya dan upaya untuk dapat mewujudkan cita-cita kami jaga kami ya Allah bangsa kami daripada upaya-upaya yang menghancurkan kami, upaya-upaya yang melemahkan bangsa kami, dari upaya yang akan memecah belah bangsa kami.

Berikanlah kami ya Allah rahmat dan berkatmu kepada kami kpada saudara-saudara kami yang sekarang mengalami penderitaan karena topan dan badai di Nusa Tenggara Barat di lombok. Berikan mereka kesabaran dan ketabahan dan berikan mereka semangat untuk bangkit kembali sebagai bangsa yang kuat yang hebat dalamm menghadapi setiap tantangan dan perjuangan.

 

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA