Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Ini yang Disampaikan Mahfud MD ke Jokowi Setelah tak Dipilih

Kamis 09 Aug 2018 22:34 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD

Foto: Republika TV/Surya Dinata
Mahfud tidak kecewa tetapi kaget.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Mahfud MD mengaku tidak kecewa tidak jadi dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi di Pilpres 2019. Mahfud memaklumi pilihan Jokowi yang lebih memilih Kiai Ma'ruf Amin sebagai cawapres karena situasi politik.

Hal itu kata Mahfud juga sudah disampaikan kepada Jokowi. "Nggak apa-apa, saya sudah ketemu Pak Jokowi saya katakan, saya maklum seumpama saya jadi Pak Jokowi mungkin saya akan melakukan hal yang sama karena kan situasinya ini politik, permainan politik dan di dalam permainan politik segala sesuatu bisa terjadi," ujar Mahfud kepada wartawan di kantor MMD Initiative, Matraman, Jakarta, Kamis (9/8).

Ia menilai Jokowi dihadapkan situasi dimana harus membuat keputusan yang sulit. Sehingga jika tidak ada keputusan akan beresiko bagi Jokowi karena harus menandatangi koalisi tersebut.

Menurutnya, kepada Jokowi, Mahfud mengatakan sempat kaget karena berubah di detik-detik sebelum pengumuman. Sebab hingga siang, belum ada perubahan dari informasi yang ia terima sebelumnya.

Namun sekali lagi, ia mengaku tidak mempersoalkan hal tersebut kepada Jokowi.
"Saya sampaikan ke Pak Jokowi, saya tidak kecewa tetapi memang kaget, tetapi sekarang sudah selesai kagetnya dan saya katakan Pak Jokowi nggak usah merasa bersalah atau apa, saya bilang nggak usah, wong saya pun tidak apa," ujar Mahfud.

Ia juga tidak membantah sudah bersiap hadir dalam undangan deklarasi Jokowi, sebelum akhirnya berubah setelah Jokowi bertemu partai koalisi. "Ya karena sampai sore gitu beritanya masih simpang siur, nah kalau sudah lebih setengah jam berita simpang siur, berarti tidak akan ada sesuatu yang diharapkan ya pulang ya," ujarnya.

Diketahui, Mahfud MD sempat menyambangi sebuah restoran di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (9/8). Lokasi restoran tersebut tepat berada di seberang Restoran Plateran, Menteng, tempat Presiden Joko Widodo bertemu dengan mitra koalisi.

Berdasarkan informasi yang didapat Republika.co.id, Mahfud kurang lebih satu jam berada di Restoran Tesate tersebut sejak pukul 16.00 WIB Ia terpantau mengenakan kemeja putih ciri khas Jokowi ditemani oleh politikus pendukung Jokowi.

Semula kabar beredar di kalangan wartawan, Mahfud akan ikut mendeklarasikan dengan Jokowi pukul 18.00 WIB. Namun setelah ditunggu-tunggu, Mahfud tak kunjung masuk dalam restoran tempat Jokowi dan para ketua umum partai berkumpul dan kemudian meninggalkan restoran tersebut. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA