Kamis, 6 Rabiul Akhir 1440 / 13 Desember 2018

Kamis, 6 Rabiul Akhir 1440 / 13 Desember 2018

Jokowi Gandeng Ma'ruf Amien demi Kebinekaan

Kamis 09 Agu 2018 19:08 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin menuju tempat peletakan batu pertama proyek pembangunan Menara MUI di Bambu Apus, Jakarta, Kamis (26/7).

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin menuju tempat peletakan batu pertama proyek pembangunan Menara MUI di Bambu Apus, Jakarta, Kamis (26/7).

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Dalam kaitannya dengan kebinekaan, Ma'ruf menjabat dewan pengarah BPIP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menjelaskan alasannya memilih Kiai Ma'ruf Amien sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang bakal mendampinginya pada pemilihan presiden (pilpres) 2019. Jokowi mengatakan pilihan tersebut atas dasar kebinekaan. 

Ia mengatakan Ma’ruf Amien merupakan sosok yang tepat yang memiliki latar belakang yang mumpuni. Selain sebagai tokoh agama, Ma'ruf juga pernah menjabat di berbagai posisi. 

"Beliau sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, wantimpres, rais am PBNU dan juga ketua MUI. Dalam kaitannya dengan kebinekaan Profesor Maruf Amien saat ini juga menjabat sebagai dewan pengarah BPIP," kata dia Jokowi dalam deklarasinya di Restoran Plataran Menteng, Jakarta, Kamis (9/8). 

Jokowi mengatakan keputusan kembali mencalonkan diri sebagai calon presiden dan menggandeng Ma’ruf diambil setelah mendapatkan berbagai masukan. Jokowi mengaku mendengarkan saran dari para ulama, ketua umum partai, dan seluruh pengurus partai serta relawan pendukungnya. 

photo

Presiden Joko Widodo mendeklarasikan cawapres pendampingnya yakni Ma'ruf Amin, dengan didampingi seluruh ketum dan sekjen parpol koalisi pendukungnya di Restoran Plataran Menteng, Kamis (9/8). (Republika/Dessy Suciati Saputri)

“Saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari partai-partai koalisi yaitu Koalisi Indonesia Kerja, bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres periode 2019-2024 adalah Prof Dr Ma'ruf Amien," kata Jokowi.

Ia mengatakan keputusan maju kembali pada pilpres 2019 ini merupakan tanggung jawab besar. “Ini erat kaitannya dengan cita-cita untuk meneruskan mimpi besar Indonesia," kata dia.  

Dalam deklarasi ini, Jokowi didampingi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PPP Rohamurmuziy, serta Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. 

Selain itu, hadir pula Ketua Umum Perindo Hari Tanoesudibjo, Ketua Umum PSI Grace Natalie, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Ketua TKN Buka Kegiatan Kamis Kerja

Kamis , 13 Des 2018, 21:31 WIB