Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Johan Budi dan Pendiri PKS Yusuf Supendi Nyaleg di PDIP

Selasa 17 July 2018 14:52 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Muhammad Hafil

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi dan Infromasi Johan Budi

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi dan Infromasi Johan Budi

Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Ada 109 caleg pejawat yang kembali caleg.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA-- Ketua DPP PDIP Andreas Pareira membenarkan mantan komisioner KPK yang saat ini menjadi anggota Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Johan Budi, menjadi caleg dari PDIP. Selain itu, mantan pendiri PKS Yusuf Supendi juga ikut mendaftar menjadi caleg lewat PDIP.

"Iya, benar (Johan Budi dan Yusuf Supendi nyaleg)," kata Andreas kepada wartawan saat mendaftarkan caleg DPR PDIP di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/7).

Selain itu, dia mengatakan ada dua nama menteri kabinet Presiden Joko Widodo yang maju sebagai caleg dari PDIP. Selain itu, ada sejumlah figur terkenal lain yang juga mendaftar caleg dari PDIP.

"Dari eksekutif, yang maju menjadi caleg itu ada Mbak Puan Maharani dan Pak Yasonna Laoly," ungkap Andreas 

Meski demikian, Andreas belum bisa menjelaskan masing-masing dapil para figur tersebut. Menurut Andreas, ada sekitar 25 persen atau sekitar 109 orang caleg pejawat yang kembali mendaftar sebagai caleg DPR dari PDIP.

Jumlah seluruh caleg yang didaftarkan oleh PDIP dalam sistem informasi pencalonan (SILON) KPU sebanyak 498 orang dari 80 dapil di seluruh Indonesia. Lebih lanjut, Andreas menyebut bahwa tidak semua kader PDIP yang saat ini memegang jabatan eksekutif maju sebagai caleg.

Menteri dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung yang juga merupakan kader PDIP tidak maju sebagai caleg. "Mengapa mereka maju sebagai caleg? Dan ada juga yang tidak. Kalau Pak Presiden (Jokowi) meminta untuk tetap standby di pemerintahan maka tetap harus standby," tegas Andreas.

PDIP merupakan parpol keempat yang mendaftarkan caleg DPR ke KPU. Sebelumnya sudah ada Partai NesDem, PSI, Partai Perindo yang mendaftarkan caleg DPR ke KPU. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES