Thursday, 5 Jumadil Akhir 1441 / 30 January 2020

Thursday, 5 Jumadil Akhir 1441 / 30 January 2020

Jokowi Kantongi Nama TGB, Mahfud MD, dan Airlangga

Senin 16 Jul 2018 12:14 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil

Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) menyambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Internasional Lombok pada Kamis (19/10) sekitar pukul 16.45 Wita.

Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) menyambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Internasional Lombok pada Kamis (19/10) sekitar pukul 16.45 Wita.

Foto: dok. Humas Pemprov NTB
Nama-nama cawapres tersebut masih akan digodok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah nama pendamping Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kembali maju di Pilpres 2019 telah merucut. Jokowi pun mengaku di antara nama tersebut yang masih digodok bersama dengan partai koalisinya yakni Mahfud MD, Tuan Guru Bajang Zainul Majdi, serta Airlangga Hartarto.

Hal ini disampaikan Jokowi kepada awak media usai menghadiri Kuliah Umum Akademi Bela Negara Nasdem. Sejumlah ketua partai pun ikut menghadiri acara ini, begitu pula para tokoh lainnya termasuk Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, anggota BPIP Mahfud MD, serta Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Zainul Majdi.

Saat itu, awak media menanyakan apakah para tokoh yang hadir tersebut masuk dalam daftar calon pendampingnya. "Masukkan, tapi kan harus ngerti kantongnya saya itu kan ga cuma satu," kata Jokowi di gedung ABN Nasdem, Pancoran, Senin (16/7).

Kemudian, awak media pun menanyakan apakah TGB juga merupakan salah satu nama yang dipertimbangkan. "Masuk, masuk kantong," jawab Jokowi.

Begitu pula nama Mahfud MD. Jokowi menilai Mahfud merupakan sosok yang bagus untuk mendampinginya. Ia mengatakan selalu bertemu dengan ketua partai untuk membahas cawapres pendampingnya nanti.

"Ya saya terus bertemu dengan ketua-ketua partai hampir setiap hari tapi banyaknya tertutup," ujarnya.

Berbagai usulan bakal cawapres pun diperolehnya dari para ketua partai koalisi pendukung. Namun, ia kembali menegaskan nama-nama cawapres tersebut masih akan digodok.

Usai menghadiri kuliah umum Pendidikan Akademi Bela Negara Partai Nasdem, Jokowi sempat melakukan perbincangan dengan sejumlah ketua partai yang hadir dan para tokoh lainnya termasuk TGB. Perbincangan dilakukan selama sekitar setengah jam.

Kendati demikian, ia enggan menjelaskan lebih lanjut terkait perbincangannya dengan TGB. "Bicara banyak, nanti tanyakan langsung saja ke TGB, jangan ke saya," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi juga mengaku bahwa Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin merupakan satu dari 5 nama cawapres, pendampingnya untuk Pilpres 2019.
“Sudah ada lima nama di kantong saya, termasuk Cak Imin,” kata Jokowi saat meninjau venue di komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatra Selatan, Sabtu (14/7).


 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA