Sabtu, 8 Zulqaidah 1439 / 21 Juli 2018

Sabtu, 8 Zulqaidah 1439 / 21 Juli 2018

PKS: Insya Allah Prabowo Siap Bersama Kader PKS

Kamis 12 Juli 2018 19:04 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Bayu Hermawan

Politisi PKS, Mardani Ali Sera

Politisi PKS, Mardani Ali Sera

Foto: Republika/Iman Firmansyah
PKS yakin Prabowo akan memilih sembilan nama kader yang diusung jadi cawapres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak punya langkah khusus untuk mengantisipasi jika sembilan nama yang diajukannya tidak dipilih sebagai cawapres oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan, pihaknya hanya berkeyakinan Prabowo bakal memilih satu di antara sembilan nama itu.

"PKS Insya Allah akan bersama Pak Prabowo. Karena (dari) hasil komunikasinya, Prabowo sudah siap bersama satu dari sembilan itu. Karena hubungan PKS dan Prabowo ini spesial," katanya kepada Republika.co.id, Kamis (12/7).

Mardani lalu menyinggung soal apa yang terjadi pada Pilpres 2014. Saat itu, kata dia, Prabowo maju bareng dengan PAN dengan cawapresnya Hatta Rajasa. Tapi suara dukungannya banyak berasal dari basis-basis PKS. Kemudian, PAN yang maju dengan Prabowo justru berbalik memberikan dukungan ke Jokowi.

"Kemudian kemarin, di (Pilgub) Jabar kita bekerja sama. Bahkan di (Pilgub DKI) Jakarta kita mengalah. Jadi PKS ini dengan gerindra historinya sudah sangat lama. Jadi Insya Allah PKS yakin Prabowo orang yang sangat setia, (Prabowo) sebagai pasukan tempur memang begitu," ujarnya.

Hingga saat ini, PKS tetap kokoh mengusung sembilan nama yang diharapkan bisa menjadi cawapres Prabowo Subianto. Kesembilan nama tersebut, antara lain, Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Al'Jufrie, Wakil Ketua Majelis Syuro Hidayat Nur Wahid, mantan presiden PKS Anis Matta, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Selain itu, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno, mantan presiden PKS Tifatul Sembiring, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, dan Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf. Sementara, Demokrat tengah berupaya mengusung AHY untuk maju ke Pilpres 2019.

Elite Demokrat dan Gerindra sempat melakukan pertemuan untuk membahas pencalonan AHY sebagai cawapres untuk Prabowo. Waketum Demokrat Syarief Hasan pun mengakui Gerindra adalah partai yang memberikan peluang terbesar untuk menjadikan AHY sebagai cawapres.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA