Saturday, 8 Rabiul Akhir 1440 / 15 December 2018

Saturday, 8 Rabiul Akhir 1440 / 15 December 2018

Kutip Al-Hujurat, Aa Gym Larang 'Cebong' dan 'Kampret'

Ahad 08 Jul 2018 21:26 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Fitriyan Zamzami

Aa Gym

Aa Gym

Foto: Republika
Mengolok-ngolok suatu kaum sangat dilarang dalam Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dan Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi menjadi penceramah dalam Kajian Tauhid yang diselenggarakan Daarut Tauhid Jakarta di Masjid Istiqlal pada Ahad (8/7). Aa Gym bersama TGB menjelaskan tentang enam larangan berdasarkan Surat Al-Hujurat ayat 11 dan 12.

Aa Gym mengatakan, larangan yang pertama, jangan mengolok-olok suatu kaum karena bisa jadi kaum yang diolok-olok itu derajatnya lebih tinggi di sisi Allah. Larangan kedua, jangan saling mencela. Larangan ketiga, jangan saling memanggil dengan sebutan atau gelar yang buruk.

"Satu memanggil 'kecebong', satu memanggil 'kampret', jangan ikutan manggil-manggil kampret, jangan ikutan manggil-manggil kecebong," kata Pemimpin Pondok Pesantren Daarut Tauhid, Aa Gym saat menjadi penceramah Kajian Tauhid di Masjid Istiqlal, Ahad (8/7).

Ia  menerangkan, Allah menciptakan manusia dengan mulia, maka jangan panggil-memanggil manusia dengan sebutan atau gelar yang buruk. Larangan keempat, jangan berburuk sangka. Cari seribu satu alasan untuk berbaik sangka kepada orang yang beriman.

Larangan kelima, dikatakan Aa Gym, jangan menggali-gali aib orang lain. Artinya jangan mencari-cari kealahan dan keburukan orang lain. Larangan keenam, jangan melakukan ghibah. Orang yang melakukan ghibah hukumnya seperti memakan bangkai saudaranya yang sudah mati.

"Hadirin hati-hati yah, jangan sampai kita dalam hiruk pikuk (hidup), kita tidak hafal rambu-rambu yang dilarang oleh Alquran," ujarnya.

TGB juga menjelaskan, banyak yang berbicara tentang keislaman tetapi mengabaikan hal yang sangat mendasar. Kalau dicermati di dalam Alquran ada hal yang dijelaskan secara umum dan ada hal yang dijelaskan secara detail. Sebab hal-hal detail itulah yang sering dilupakan manusia.

Ia menyampaikan, enam larangan yang dijelaskan Aa Gym dijelaskan secara detail dalam Surat Al-Hujurat. Allah tidak menjelaskannya secara umum dengan memerintahkan manusia untuk berbuat baik saja, tapi Allah menjelaskan secara detail larangan-larangan tersebut.

"Karena yang sering terjadi di dalam kehidupan kita, hal-hal yang didetailkan ini lepas dan luput dari perhatian kita," jelasnya.

TGB mengatakan, jangan saling mengolok-olok, mencela dan memberi sebutan atau gelar yang tidak baik. Jangan berprasangka buruk, mencari-cari kesalahan orang lain dan saling melakukan ghibah. Itulah enam larangan menurut Surat Al-Hujurat. Kalau manusia bisa melindungi diri dari enam larangan ini, maka hampir sempurna Islamnya. n

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES