Saturday, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 February 2019

Saturday, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 February 2019

Partai Berkarya akan Himpun Kekuatan Keluarga Cendana

Selasa 12 Jun 2018 21:54 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andri Saubani

Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) dan Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso berfoto bersama dengan Siti Hediati Hariyadi (Titiek Soeharto) yang baru bergabung ke Partai Berkarya di Yogyakarta, Senin (11/6).

Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) dan Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso berfoto bersama dengan Siti Hediati Hariyadi (Titiek Soeharto) yang baru bergabung ke Partai Berkarya di Yogyakarta, Senin (11/6).

Foto: dok. Istimewa
Titiek Soeharto meninggalkan Golkar untuk bergabung dengan Partai Berkarya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang menegaskan masuknya Siti Hediati Hariyadi atau lebih dikenal Titiek Soeharto ke Partai Berkarya akan memperkuat partai menggalang basis dukungan dari masyarakat. Khususnya, para simpatisan pendukung mantan Presiden Soeharto yang masih bertahan.

Badaruddin menegaskan, Partai Berkarya akan mengimpun para pendukung mantan Presiden Soeharto dan menguatkan kekuatan partai pada basis dukungan keluarga Cendana. "Kami yakin 100 persen gaet pendukung setia Pak Harto. Jadi pendukung Pak Harto lebih fokus pilihannya ke Partai Berkarya," kata Badaruddin kepada wartawan, Selasa (12/6)

Berpindahnya Titiek yang mewakili keluarga mantan Presiden Soeharto, diklaim dia, memperkuat simbol peralihan dukungan tersebut, dari Golkar ke Berkarya. "Karena anak-anak Pak Harto semua kumpul di sini," tambahnya.

Dengan perpindahan ini, menurut dia, Golkar yang selama ini identik dengan Soeharto di Orde Baru bisa berubah di zaman milenial. "Ya kalau zaman milenial ini, Berkarya akan identik dengan anak-anak Pak Harto lah," harapnya.

Kepada pendukung setia mantan Presiden Soeharto, Badaruddin mengajak mengikuti putra putri Soeharto yang diwakili Ketua Umum Partai Berkarya, Hutomo Mandala Putra dan Titiek Soeharto. "Suara pencinta Pak Harto milih yang mana? Kita yakin nanti (2019) ke Berkarya," ujar Badaruddin.

Ke depan, ia mengungkapkan, setelah perpindahan Titiek Soeharto, Partai Berkarya akan fokus mengajak semua Keluarga Cendana yang lainnya untuk bergabung. Partai Berkarya akan fokus mensosialisasikan pikiran dan hasil karya mantan Presiden Soeharto.

Seperti ide Soeharto tentang Trilogi pembangunan, pertama keamanan yang terjamin, kedua pertumbuhan ekonomi yang berkembang dan ketiga pemerataan pembangunan. "Ini akan jadi konsolidasi internal kita, merekrut bacaleg potensial dan punya magnet membesarkan Berkarya dan ide yang telah dijalankan Pak Harto," paparnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Berkarya Priyo Budi Santoso mengatakan bergabungnya Titiek Soeharto ke Partai Berkarya akan mengisi posisi penting di partai yang dipimpin adik Titiek Soeharto, Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) ini. "Bu Titiek nanti mendapat posisi yang sangat penting, senior di Partai Berkarya, nanti pada saatnya diumumkan oleh ketua umum," ujar Priyo.

Kendati demikian, Priyo mengaku belum bisa membocorkan apa posisi yang akan diisi oleh Titiek di Partai Berkarya. Selain menjadi tokoh senior di Partai Berkarya, Priyo mengatakan mantan politikus Golkar tersebut juga akan menjadi calon legislatif (caleg) di daerah pemilihan (dapil) DIY.

Seperti diberitakan sebelumnya Titiek Soeharto yang merupakan tokoh senior Partai Golkar memutuskan hengkang dari Partai Golkar dan memilih bergabung ke Partai Berkarya. Keputusan tersebut disampaikan oleh Titiek melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (11/6).

Titiek beralasan keputusannya bergabung ke Partai Berkarya ini lantaran prihatin dengan segala persoalan bangsa yang terjadi akhir-akhir ini. Namun kegelisahan itu, tidak dapat diungkapkan Titiek karena berada di Golkar, sebagai partai pendukung pemerintah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA