Friday, 21 Sya'ban 1440 / 26 April 2019

Friday, 21 Sya'ban 1440 / 26 April 2019

Tanggapi Amien Rais, KH Ma'ruf Amin: Semua Partai Religius

Senin 16 Apr 2018 14:02 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Bilal Ramadhan

Ketua Umum Majelis Ulama (MUI) Ma'aruf Amin

Ketua Umum Majelis Ulama (MUI) Ma'aruf Amin

Foto: RepublikaTV/Havid Al Vizki
Ma'ruf mengatakan pernyataan Amien Rais tidak tepat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma'ruf Amin menyatakan partai di Indonesia memiliki unsur keagaman. Pernyataan tersebut jawaban dari ceramah yang dilakukan Amien Rais.

"Semua partai religius, tidak ada partai setan, jadi pernyataan tersebut tidak tepat," ujarnya usai acara Seminar Nasional Produk Halal di Hotel Gren Alia Cikini, Jakarta, Senin (16/4).

Sebelumnya, Amien Rais resmi dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Ahad (15/4). Mantan ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ini dilaporkan dengan tuduhan ujaran kebencian bermuatan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) serta penodaan agama atas ucapannya yang menyebut partai Allah dan partai setan.

Laporan itu dibuat oleh Ketua Cyber Indonesia Aulia Fahmi, yang tidak terima dengan istilah partai Islam dan partai setan yang digunakan Amien Rais. Pelapor menilai pernyataan Amien itu melawan hukum karena bernada provokasi dan berpotensi akan memecah belah bangsa Indonesia yang selama ini hidup rukun.

"Kami melihat ada upaya dikotomi, upaya provokasi yang membawa nuasa agama sedangkan kita sama-sama tahu bahwa Negara kia Negara Pancasila dan berdasarkan UUD 1945," kata Aulia saat melapor di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Ahad (15/4).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA