Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Jokowi Lawan Prabowo Lagi, Nasdem: Jangan Ada Black Campaign

Sabtu 14 April 2018 12:54 WIB

Red: Bayu Hermawan

Anggota komisi III DPR-RI Fraksi Partai Nasdem, Taufiqulhadi di gedung Nusantara II, Selasa (24/10).

Anggota komisi III DPR-RI Fraksi Partai Nasdem, Taufiqulhadi di gedung Nusantara II, Selasa (24/10).

Foto: Republika/Singgih Wiryono
Dewan Pakar Partai Nasdem berharap pertarungan Pilpres 2019 benar-benar demokratis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertarungan ulang antara Joko Widodo (Jokowi) melawan Prabowo Subianto kemungkinan besar terjadi lagi di 2019. Menanggapi hal tersebut, anggota Dewan Pakar Partai Nasdem Taufiqulhadi berharap pertarungan Pilpres 2019 benar-benar dilakukan secara demokratis.

"Kami berharap untuk kedua kali kontestasi berjalan di real demokrasi. Maksudnya harus ada adu program. Jangan seperti Pilpres yang lalu," ujarnya kepada Republika.co.id, Sabtu (14/4).

Taufiqulhadi mengatakan, pertarungan Pilpres 2014 lalu banyak dihiasi oleh black campaign atau kampanye negatif. Hal tersebut membuat demokrasi tak berjalan dengan baik.

Ia berharap tak ada lagi unsur SARA yang dibubuhkan dalam kontestasi Pilpres 2019 esok. Para pendukung dan juga orang-orang yang terlibat dalam perhelatan Pilpres, kata dia, perlu memiliki moral dan etika yang tinggi.

"Itu permasalahan moral dan etika. Bila pendukung atau siapapun tak memiliki moral dan etika yang tinggi, maka tak usahlah mereka masuk untuk melakukan dukungan. Mending di luar saja. Itu menunjukkan ketidakmatangan secara moral dan etika," ujarnya.

Ia juga mengatakan, bila nantinya ada hal yang menyenggol demokrasi, maka hal itu harus diselesaikan secara formal dan legal. "Untuk diketahui persoalan moral dan etika itu diselesaikan oleh orang-orang yang memiliki etika dan moral," ucapnya.

Oleh sebab itu, ia menyerukan demokrasi yang benar-benar terjadi secara sungguh-sungguh dengan melakukan pemilahan isu yang baik dan berkualitas. Sebab, kata dia, Indonesia pun telah melakukan pemilihan berkali-kali. "Kita udah melakukan pemiihan berkali-kali saya berharap kita semakin matang," ucapnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Foto Udara Mina, Arafah dan Makkah

Selasa , 21 August 2018, 11:11 WIB