Tuesday, 4 Zulqaidah 1439 / 17 July 2018

Tuesday, 4 Zulqaidah 1439 / 17 July 2018

TGB: Saya Sering Lihat Ceramah Ustaz Abdul Somad di Youtube

Kamis 22 March 2018 11:23 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Budi Raharjo

Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) menyampaikan tabligh akbar bertajuk

Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) menyampaikan tabligh akbar bertajuk

Foto: Muhammad Nursyamsyi
TGB dan Ustaz Abdul Somad kerap saling melempar pujian.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG -- Tuan Guru Bajang (TGB) mengaku tipe orang yang jarang menonton televisi. Bahkan, Gubernur NTB bernama lengkap Muhammad Zainul Majdi itu mengatakan sudah lama sekali tidak menonton televisi.

"Mungkin sudah tujuh atau delapan tahun tidak pernah nonton TV, ya enggak pernah saja," ujar TGB saat tabligh akbar bertajuk "Generasi Alquran Penyelamat Bangsa"di Masjid Baitul Ilmi, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Kamis (22/3).

Namun, TGB mengaku kerap menyempatkan diri menyaksikan sejumlah tayangan di Youtube, terutama channel-channel Youtube tentang ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS). "Kalau Youtube sering, apalagi nonton adik kelas saya, Ustaz Abdul Somad sering," ucap TGB.

Ustaz Abdul Somad dan TGB sama-sama lulusan Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Ustaz Abdul Somad menyelesaikan S2 di Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko dengan gelar LC MA. Sedangkan TGB menamatkan S2 sampai S3 di Al Azhar dan saat ini menjabat sebagai Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar Cabang Indonesia.

Keakraban keduanya pun kerap terlihat dalam beberapa kesempatan. Seperti saat keduanya melakukan aktivitas di Jambi pada awal Maret. Kedua ulama ini dalam beberapa kesempatan tampil bersama dan saling melempar pujian.

Misalkan saja saat Ustaz Somad dan TGB pada Kamis (1/3) sama-sama tampil sebagai penceramah di Masjid Al Ihsaniah, Kota Seberang, Jambi. Keduanya bergantian tampil memberikan tausiah di hadapan ribuan jamaah. Kedua tokoh umat itu juga satu panggung lagi pada acara tabligh akbar di Masjid besar Asy-Syuhada, Simpang Rimbo, Kota Jambi, Jumat (2/3) siang ini.

Pemandangan menarik terlihat ketika keduanya meninggalkan Masjid Al Ihsaniah. TGB dan Ustaz Somad sama-sama meninggalkan lokasi dengan menaiki perahu mesin kecil yang mengarungi sungai terbesar dan tepanjang di Sumatra, Sungai Batanghari.

Keduanya duduk saling berhadapan di bagian tengah perahu. Tak lupa TGB dan Ustaz Somad menggunakan baju pelampung demi keselamatan. "Perjuangan berlanjut menyeberangi Sungai Batanghari yang lebar dan cukup berombak arusnya. Bismillah ya Allah," tulis TGB lewat unggahan video di instagram resmi miliknya.

TGB dan Ustaz Somad merupakan dua pemuka agama yang rajin melakukan safari dakwah ke berbagai penjuru Indonesia. Keduanya juga selalu mendapat sambutan antusias dari jamaah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES