Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

Capres Alternatif Sebaiknya Cari Dukungan dari Banyak Parpol

Kamis 08 Maret 2018 14:47 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Bayu Hermawan

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Arteria Dahlan

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Arteria Dahlan

Foto: RepublikaTV/Havid Al Vizki
Untuk menghindari calon tunggal di Pilpres, Capres alternatif sebaiknya cari dukungan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP PDIP Arteria Dahlan berharap agar sosok-sosok yang potensial menjadi calon presiden untuk berupaya keras mencari dukungan dari partai politik (parpol) yang belum menentukan sikap dukungan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Ini supaya menghindari calon tunggal.

"Kita meminta semua pihak termasuk Parpol, dan sosok atau tokoh yang ingin maju menjadi Capres 2019 untuk berusaha sekuat-kuatnya, sehebat-hebatnya, sehormat-hormatnya meraih dukungan Parpol yang ada sekarang," kata dia kepada Republika.co.id, Kamis (8/3).

Arteria melanjutkan, bakal Capres pejawat Joko Widodo, meski memiliki peluang besar pada Pilpres tapi tetap berusaha meraih dukungan dari banyak Parpol. Karena itu, menurutnya, bagi yang belum menemukan kendaraan politik tentu harus bekerja lebih keras lagi.

"Pak Jokowi yang sudah punya prestasi saja, kenangan dan nilai positif di rakyat, berusaha mendapatkan dukungan Parpol, bagi yang belum ya harus lebih ekstra agar tidak terjadi calon tunggal," ucap dia.

Arteria juga menuturkan konfigurasi politik saat ini masih sangat cair dan ia meyakini tidak akan terjadi calon tunggal pada Pilpres 2019. "Konfigurasi politik di Republik ini kan sangat cair, meski kita punya koalisi dan berkembang menjadi koalisi yang besar, bertambah lagi partai-partai yang tadinya enggak setuju dengan Pak Jokowi itu bergabung koalisi ekstra besar, yang permanen ini kan baru lima yang menyatakan dukungan," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES