Sabtu, 9 Syawwal 1439 / 23 Juni 2018

Sabtu, 9 Syawwal 1439 / 23 Juni 2018

PKS Siap Berkompetisi dengan Jokowi di Pilpres 2019

Ahad 25 Februari 2018 16:54 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Bayu Hermawan

Anggota Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera

Anggota Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera

Foto: DPP PKS
PKS juga tengah menjajaki koalisi dengan partai politik (Parpol) lain untuk Pilpres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) siap berkompetisi dengan Joko Widodo (Jokowi), yang telah ditetapkan sebagai calon presiden (Capres) oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). PKS juga tengah menjajaki koalisi dengan partai politik (Parpol) lain untuk Pilpres 2019.

"PKS memberi selamat pada Pak Jokowi yang sedang mendapat dukungan PDIP dan menyatakan siap berkompetisi untuk memberikan karya terbaik bagi bangsa," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera kepada Republika.co.id melalui pesan teks, Jakarta, Ahad (25/2).

Mardani mengatakan, saat ini PKS tengah menjajaki untuk berkoalisi dengan partai lain. Dimana, hubungan yang paling harmonis saat ini yaitu dengan Partai Gerindra. Sehingga, tidak tertutup kemungkinan PKS akan berkoalisi dengan Gerindra, partai besutan Prabowo Subianto tersebut. Walaupun keputusan bergantung kepada Majelis Syuro PKS, sebagai forum tertinggi di Parpol tersebut.

Namun, Mardani mengatakan, keputusan PKS untuk sementara waktu ini, masih mencalonkan kader internalnya untuk menjadi Capres dan Cawapres. Sebab, bagi PKS, lanjut Mardani, ketokohan harus didukung oleh tim yang kuat dan yang berasal dari kader PKS sendiri.

Dimana, ada tiga kriteria yang harus dimiliki oleh capres maupun cawapres yang diusung. Diantaranya, mempunyai integritas dengan tidak melanggar janji, memiliki kemampuan untuk mensejahterakan rakyat dan memiliki perhatian dalam memperbaiki kualitas bangsa.

Dengan tiga kriteria tersebut, berdasarkan keputusan Majelis Syuro, Mardani mengatakan, telah ada sembilan nama yang sudah disiapkan untuk diusung sebagai capres atau pun cawapres. Diantaranya, Gubernur Jawa Barat dari PKS yaitu Ahmad Heryawan, Wakil Ketua Majelis Syuro dari PKS yaitu Hidayat Nur Wahid, Mantan Presiden PKS Anis Matta, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, dan Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman.

Selain itu juga ada nama Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al'Jufrie, Mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring, Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf, termasuk juga Mardani Ali Sera sendiri yang merupakan Ketua DPP PKS.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES