Friday, 17 Zulhijjah 1441 / 07 August 2020

Friday, 17 Zulhijjah 1441 / 07 August 2020

PKS Dukung Pemerintah Galakkan Vaksinasi Difteri

Kamis 08 Feb 2018 02:17 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andi Nur Aminah

Petugas mempersiapkan vaksin difteri (ilustrasi)

Petugas mempersiapkan vaksin difteri (ilustrasi)

Foto: Republika/Putra M. Akbar
PKS juga sudah mengeluarkan fatwa atau bayanat tentang dibolehkannya vaksinasi.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendukung penuh program pemerintah menggalakkan vaksinasi untuk menanggulangi wabah difteri di masyarakat. Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah itu, PKS ikut mengadakan vaksinasi difteri di Gedung DPP PKS Jakarta Selatan Rabu (7/2).

"Karena vaksinasi ini sangat bermanfaat untuk kita bersama. Sebagai entitas masyarakat, PKS ingin memberikan keteladanan terhadap parpol dan masyarakat secara umum," ungkap Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPP PKS, Naharus Surur.

PKS juga sudah mengeluarkan fatwa atau bayanat tentang dibolehkannya vaksinasi  difteri. Vaksinasi sendiri pun banyak jenis. Termasuk ketika orang berangkat umrah pun harus melakukan vaksinasi.

Pada anak-anak pun ada vaksinasi tersebut. "Karena sudah menjadi endemik di Indonesia sehingga kita menggalakkan untuk dilakukan vaksinasi difteri," kata dia.

Dia mengatakan, prinsip dari vaksin adalah pencegahan, alwiqoyah ghoiru minal ilat. Pencegahan itu lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, PKS sangat mendukung kegiatan-kegiatan ini selama bahan-bahannya halal yang sudah bersertifikasi halal.

"Ini pun agar bisa mengeliminir penyakit tersebut yang seharusnya sudah masa lalu dan tidak ada. Karena belakangan mungkin orang tua mulai kurang tertib pencegahan terhadap difteri ini," ungkapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA