Jumat, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Jumat, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Intimidasi Ustaz Somad, Fadli Zon Ingatkan Antisipasi Hoaks

Rabu 13 Des 2017 12:48 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Andi Nur Aminah

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Fadli Zon

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Fadli Zon

Foto: ROL/Wisnu Aji Prasetiyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Plt Ketua DPR RI Fadli Zon menyayangkan intimidasi terhadap Ustaz Abdul Somad yang sebetulnya tidak perlu terjadi. Menurutnya, masalah-masalah SARA memang sangat sensitif. "Tidak perlu terjadi ya, dari agama mana pun, pihak mana pun," kata dia, Rabu (13/12).

Dia mengingatkan ancaman berita palsu atau hoaks. Tak terkecuali di Bali, berita-berita provokatif banyak beredar yang kemudian memicu pertikaian.

Fadli menyebutkan, banyaknya berita palsu telah menimbulkan kesalahpahaman. "Kalau bisa diredam, diredam, tetapi jangan sampai menimbulkan kesalahpahaman," kata dia.

Fadli mengingatkan antisipasi dini berita hoaks. Dalam persoalan-persoalan tertentu, mesti diserahkan pada aparat hukum. Seharusnya aparat juga, menurut dia, lebih proaktif dan bisa mengantisipasi hal-hal seperti itu.

"Antisipasi berita-berita melalui Whatsapp grup yang tidak benar sehingga menimbulkan komplikasi, salah paham menjadi bola salju, jadi harusnya bisa dicegah sejak dini kalau ada berita bersifat rumor dan sebagainya," ungkapnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA