Monday, 10 Zulqaidah 1439 / 23 July 2018

Monday, 10 Zulqaidah 1439 / 23 July 2018

Politikus PKB: Penahanan Setnov Pengaruhi Citra Parlemen

Senin 20 November 2017 20:07 WIB

Red: Andri Saubani

Ditahan. Ketua DPR RI Setya Novanto memberikan keterangan  di gedung KPK, Jakarta Selatan, mengenkan rompi tahanan, Senin (20/11).

Ditahan. Ketua DPR RI Setya Novanto memberikan keterangan di gedung KPK, Jakarta Selatan, mengenkan rompi tahanan, Senin (20/11).

Foto: Republika/Iman Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penahanan Ketua DPR Setya Novanto oleh KPK dinilai bakal semakin memengaruhi citra parlemen Indonesia yang selama ini terus berupaya membangun citra yang positif di mata masyarakat. "Penahanan ini tidak menggembirakan bagi DPR karena mempengaruhi citra DPR sendiri," kata Ketua Fraksi PKB Ida Fauziah di Jakarta, Senin (20/11).

Untuk itu, Ida mengutarakan harapannya agar dengan bekerja dan menunjukkan kinerja yang lebih baik, sehingga DPR bisa kembali membangun citra positif. Menurut dia, peristiwa penahanan Ketua DPR tidak memengaruhi kinerja anggota DPR yang lain yang tetap bekerja dalam menyelesaikan program legislasi nasional.

Di tempat terpisah, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang mengaku prihatin atas penahanan Ketua DPR Setya Novanto oleh KPK terkait dugaan kasus korupsi Kartu Tanda Penduduk elektronik. "Kami prihatin sebagai rekan lembaga negara bahwa masih ada hal-hal seperti ini," kata Oesman Sapta Odang.

Ketua DPD mengucapkan terima kasih kepada Setya Novanto yang telah menghormati proses hukum. Sehingga, semua pihak harus menunggu proses hukum dengan mengacu pada asas praduga tidak bersalah.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan juga kembali menekankan agar Ketua DPR RI Setya Novanto mengikuti proses hukum terkait kasus dugaan korupsi yang menimpanya. "Pokoknya saya minta Pak Novanto, sebagai teman ikuti lah proses hukum, dan itu kan yang disampaikan pak Novanto juga," kata Zulkifli Hasan di Lampung, Senin.

Ketua MPR mengajak seluruh pihak tetap menjaga nama baik dan kewibawaan lembaga negara. Karena, hal tersebut dinilai sangat penting dan erat kaitannya dengan ketahanan suatu negara.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA