Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Mantan Kapolri Yakin Tito Mampu Pimpin Senior

Senin 27 Jun 2016 11:06 WIB

Red: Esthi Maharani

Tito Karnavian

Tito Karnavian

Foto: setkab.go.id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri era Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) Jenderal Polisi (Purn) Suroyo Bimantoro meyakini Komjen Pol Tito Karnavian mampu memimpin institusi Polri meskipun harus memimpin sejumlah petinggi Polri yang lebih senior.

"Kami itu sekolah dari dulu sudah ditanamkan nilai-nilai kepatuhan kepada atasan, nilai-nilai disiplin. Aturan yang ada di institusi TNI-Polri adalah tunduk dan taat pada pimpinan, jadi saya yakin dia mampu," ujar Bimantoro, Senin (27/6).

Bimantoro menjelaskan dalam institusi Polri, senioritas turut dilihat dari jabatan tidak hanya kepangkatan. Seorang Tito Karnavian menurut dia, memiliki bintang kepangkatan yang sama dengan sejumlah petinggi Polri yang sempat digadang menjadi Kapolri.

"Sehingga sama saja, tidak ada yang lebih senior. Selain itu sebetulnya Tito juga kan Kepala BNPT, maka dari segi jabatan dia pun senior," kata Bimantoro.

(Baca juga: IPW: Tito Punya Sembilan Tugas Prioritas)

Komjen Pol Tito Karnavian ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi calon tunggal Kapolri. Tito yang merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1987, akan menggantikan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti yang merupakan alumni Akpol 1982.

Dengan demikian Tito melompati empat angkatan di atasnya, termasuk Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan yang lulus Akpol pada 1983. Meskipun demikian Tito diyakini memiliki kemampuan memimpin institusi Polri. DPR RI melalui uji kepatutan dan kelayakan sudah menyetujui penunjukan Tito tersebut.

Pelantikan Tito sebagai Kapolri akan dilakukan di Istana Negara dalam waktu dekat.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA