Rabu, 21 Zulqaidah 1440 / 24 Juli 2019

Rabu, 21 Zulqaidah 1440 / 24 Juli 2019

Panitia Munaslub Sahkan 8 Caketum Golkar

Sabtu 07 Mei 2016 15:37 WIB

Rep: Agus Raharjo/ Red: Bayu Hermawan

Nurdin Halid

Nurdin Halid

Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Steering Committe (SC) Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar akhirnya meloloskan 8 kandidat calon ketua umum (Caketum).

Seluruhnya dinilai sudah memenuhi verifikasi yang dilakukan komite pemilihan. Dua nama yang masuk terakhir adalah Syahrul Yasin Limpo dan Indra Bambang Utoyo.

Sebelumnya, panitia menangguhkan dua kandidat Caketum tersebut karena belum memenuhi verifikasi syarat yang diajukan panitia. Keduanya tidak bersedia menyetor iuran bagi bakal Caketum Golkar yang diajukan oleh panitia sebesar Rp 1 miliar.

Namun, SC akhirnya merevisi syarat setoran uang pendaftaran menjadi sekadar iuran yang sifatnya sukarela. Dengan ketentuan tersebut, dua bakal Caketum akhirnya lolos verifikasi.

"SC memutuskan ada 8 calon yang sah menjadi bakal calon ketua umum, sebelumnya 6 kemarin sudah lolos ditambah 2 bakal calon (Syahrul Yasin Limpo dan Indra Bambang Utoyo)," ujar Ketua SC, Nurdin Halid di DPP Partai Golkar, Sabtu (7/5).

Nurdin menegaskan, panitia SC akhirnya sepakat melakukan perubahan biaya pendaftaran menjadi iuran atau sumbangan sukarela. Hal itu sudah sesuai dengan AD/ART partai dan Undang-Undang Partai Politik yang menyebutkan pendanaan Parpol dapat dilakukan dengan iuran sukarela anggota. Jadi, sumbangan sukarela dari Caketum Golkar dinilai sudah sesuai aturan. Sedangkan pendaftaran bagi caketum memang tidak dikenal dalam AD/ART partai.

"Pembebanan Rp 1 miliar pada bakal calon tidak mengikat, tidak menjadi dasar untuk tidak meloloskan bakal calon," tegasnya.

Seluruh Caketum partai Golkar akan mengambil nomor urut sebagai Caketum Golkar secara resmi. Setelah mengambil nomor urut dari panitia, seluruh Caketum terikat dengan aturan panitia Munaslub.

Nurdin mengatakan, setelah mengambil nomor urut dan mendapat Surat Keputusan (SK) dari panitia, mereka akan diawasi oleh komite etik. Siapapun yang melanggar kode etik selama proses Munaslub berjalan akan mendapat sanksi tegas, seperti diskualifikasi sebagai caketum partai beringin di munaslub pertengahan Mei ini. agus raharjo

Sebelumnya SC Munaslub Partai Golkar telah meloloskan enam Caketum Partai Golkar. Keenam nama bakal calon tersebut yakni Ade Komarudin, Airlangga Hartarto, Aziz Syamsuddin, Mahyudin, Prio Budi Santoso, dan Setya Novanto.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA