Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Ekspedisi Gurindam Sakti 2016

Potensi Pulau-Pulau Terluar Terus Didata dan Diamankan

Sabtu 16 Apr 2016 12:14 WIB

Red: Muhammad Subarkah

Sejumlah personel TNI melakukan patroli pantai terluar. (ilustrasi)

Sejumlah personel TNI melakukan patroli pantai terluar. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KEPULAUAN RIAU -- Korem 033/Wira Pratama mengagas kegiatan menjelajahi pulau-pulau terluar di Kepulauan Riau (Kepri) dalam bentuk “Ekspedisi Gurindam Sakti 2016. Ada beberapa tujuan yang ingin diraih melalui ekspedisi ini.

Pertama, memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit agar memiliki kemampuan dalam menjelajah daerah kepulauan, rawa, laut, sungai dan pantai.

Kedua  mendata pulau-pulau  yang berpenduduk  atau belum berpenduduk sekaligus mendata segala potensi sumber daya alam (SDA) dan potensi bencana alam yang mungkin terjadi.

Ketiga melaksanakan kegiatan serbuan territorial (Baksos, karya bhakti, penyuluhan, jambanisasi) terhadap masyarakat di wilayah pulau guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka kemanunggalan TNI-Polri dan rakyat.

''Kegiatan Ekspedisi ini akan berlansung selama satu bulan penuh dan pelaksanaan pemberangkatan lansung dilepas oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung,'' kata Danrem 033/WP Brigjen TNI Madsuni dalam rilisnya yang dikirimkan ke Republika.co.id, Sabtu (16/4).

Perlu diketahui, wilayah Korem 033/Wira Pratama adalah daerah yang lebih banyak perairannya dibanding daratan yang hanya sekitar 5 persen. Letak wilayah ini menarik dan strategis karena 19 buah pulau diantaranya merupakan pulau-pulau terluar yang berbatasan lansung dengan negara tetangga Malaysia, Singapura dan Vietnam.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA