Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

JK Versus Rizal Ramli

Friksi JK dan Rizal Ramli Ujian Kepemimpinan Jokowi

Kamis 20 Aug 2015 15:58 WIB

Rep: C07/ Red: Bayu Hermawan

Jusuf Kalla - Rizal Ramli

Jusuf Kalla - Rizal Ramli

Foto: dok. Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Gerindra, Sodik Mudjahid menilai friksi antara Menko Kemaritiman Rizal Ramli dan Wapres Jusuf Kalla merupakan ujian bagi kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam membangun kekompakan dalam kabinet, semangat etikan dan serta kepatuhan kepada pimpinan

"Jika Jokowi dan JK bisa atasi masalah serius ini maka akan sedikit memperpanjang usia kabinetnya dan agak membantu kinerja kabinetnya," ujarnya kepada Republika, Kamis (20/8).

Namun, jika tidak bisa mengatasi hal ini maka seperti pikiran banyak orang akan semakin  mempercepat kejatuhan kabinet yang dipimpinnya. Ia menjelaskan, kesukesan dalam satu kinerja kabinet secara internal ditentukan oleh tiga hal.

Pertama,kompetensi menteri, kemudian kepemimpinan presiden dan wappres dan terakhir adlah kekompakan team work. "Orang harus kritis dan tidak boleh kehilangan krtisnya ketika masuk kabinet," ucapnya.

Tapi sikap kritis itu tetap dalam kerangka membangum team work dan kerangka disiplin dan kepatuhan kepada presiden "beda pendapat silakan tapi dalam rapat intetnal mereka," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sehari setelah dilantik, Menko Kemaritiman Rizal Ramli langsung melontarkan kritik yang ditujukan ke Menteri BUMN Rini Soemarno terkait rencana pembelian pesawat untuk Garuda Indonesia.

Tak hanya sesama menteri, Rizal Ramli juga mengkritik rencana proyek listrik 35 ribu MW. Bahkan Rizal mengajak Jusuf Kalla untuk berdebat membahas proyek tersebut. Namun Jusuf Kalla menolak dan memilih lebih memilih untuk memanggil Rizal karena tidak etis.

Rizal menantang berdebat karena merasa sangat yakin pendapatnya benar. Ini dilakukan semata-mata untuk membuktikan pada seluruh rakyat Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA