Kamis, 24 Syawwal 1440 / 27 Juni 2019

Kamis, 24 Syawwal 1440 / 27 Juni 2019

Banyak Wajah Baru di Bursa Capim KPK

Rabu 10 Jun 2015 12:26 WIB

Rep: c36/ Red: Esthi Maharani

Pansel KPK

Pansel KPK

Foto: Antara/Yudhi Mahatma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Panitia Seleksi (Pansel) KPK, Destry Damayanti, mengungkapkan bursa calon pimpinan (capim) KPK lebih banyak didominasi wajah baru. Mereka merupakan tokoh yang belum banyak dikenal publik tetapi memiliki prestasi di bidangnya.

"Dari semua kandidat capim yang mendaftar, bisa dibilang lebih didominasi wajah-wajah baru. Masyarakat belum banyak mengenal nama mereka. Tetapi, kiprah mereka dalam bidang masing-masing tergolong baik," ujar Destry saat dihubungi ROL, Rabu (10/6).

Hingga saat ini, lanjutnya, sudah ada 29 kandidat capim KPK yang mendaftarkan diri secara resmi. Diantaranya, ada dua orang perempuan.

Menurut Destry, hingga saat ini belum ada tokoh publik yang secara resmi mendaftar capim KPK. Tokoh publik biasanya direkomendasikan oleh beberapa instansi atau organisasi kemasyarakatan tertentu.

"Belum ada. Beberapa di antara mereka sudah ada yang menolak. Lainnya akan memikirkan lebih lanjut," tutur dia.

Diberitakan sebelumnya, bursa pendaftaran capim KPK diramaikan oleh berbagai kalangan. Para pendaftar berasal dari kalangan PNS, aktivis, ahli hukum, akademisi dan pengusaha.

Pendaftaran dibuka hingga 24 Juni mendatang. Semua nama yang mendaftar rencananya akaj dipublikasikan kepada publik usai pendaftaran ditutup atau sekitar akhir bulan ini.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA