Thursday, 5 Jumadil Akhir 1441 / 30 January 2020

Thursday, 5 Jumadil Akhir 1441 / 30 January 2020

Kongres Demokrat

'SBY Jadi Calon Kuat Ketua Umum, yang Lain Penggembira'

Jumat 08 May 2015 10:00 WIB

Rep: c26/ Red: Bilal Ramadhan

Presiden SBY bersama Ibu Negara, Ani Bambang Yudhoyono

Presiden SBY bersama Ibu Negara, Ani Bambang Yudhoyono

Foto: Republika/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kongres Partai Demokrat akan digelar mulai awal pekan depan. Tiga calon sudah menyatakan siap bersaing menjadi ketua umum partai tersebut, yakni Susilo Bambang Yudhoyono yang masih menjabat ketua umum saat ini, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Marzuki Alie, dan politisi muda partai tersebut I Gede Pasek.

Pengamat politik dati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor mengatakan SBY menjadi kandidat terkuat. Sedangkan yang lainnya hanya sebatas penggembira saja dalam acara pemilihan ketua umum partai berlambang mercy itu.

"Ya seperti yang sering saya bilang, calon lain hanya penggembira saja," kata Firman saat dihubungi ROL, Kamis (7/5) malam.

Menurutnya, Demokrat secara keseluruhan adalah partai yang didirikan untuk SBY. Dengan maksud Mantan Presiden Indonesia itu merupakan sosok kuat dalam partai. Jadi, partai mendukung SBY dengan segenap idealisme partai yang sejalan dengan visinya.

Selain SBY, pungkasnya, belum ada figur Demokrat yang dihormati seperti dirinya. Apalagi dua calon lainnya yang akan bersaing. Ia menilai keduanya hanya penggembira untuk meramaikan jalannya kongres yang akan berlangsung di Surabaya tersebut. "Paling jadi bahan ramai dibicarakan di media aja," ujarnya.

Belum ada yang memiliki kapasitas sekuat SBY sehingga sangat wajar tokoh pendiri partai ini akan menang dengan mudah nantinya. Apalagi kebanyakan dari kader yang memiliki hak suara memang sudah merapat ke kubu SBY.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA