Rabu, 23 Syawwal 1440 / 26 Juni 2019

Rabu, 23 Syawwal 1440 / 26 Juni 2019

Jokowi Janji Tingkatkan Dana Desa Hingga Rp 2 Miliar

Selasa 09 Sep 2014 16:42 WIB

Rep: c92/ Red: Mansyur Faqih

Budiman Sudjatmiko

Budiman Sudjatmiko

Foto: Tahta Aidilla/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko mengatakan, Joko Widodo (Jokowi) berjanji untuk meningkatkan anggaran untuk desa berprestasi hingga Rp 2 miliar per tahun.

"Saya malah berpikir kalau ada desa yang bagus prestasinya, mengembangkan badan usaha milik desa bagus, menanggulangi kemiskinan, nanti anggaran akan saya tingkatkan Rp 2 miliar," kata Budiman menirukan pernyataan Jokowi di Jakarta, Selasa (9/9).

Awalnya, kata dia, Jokowi bertanya tentang kondisi di lapangan. Termasuk dana desa per tahun yang tepat berdasarkan jumlah anggaran yang diserap.

Budiman menjelaskan, kondisi pedesaan tidak bisa dipukul rata. Karena ada perbedaan jumlah kepala keluarga per desa.  

"Kalau berdasar APBN seharusnya anggaran untuk desa Rp 64 triliun plus APBD ada Rp 40 triliun lagi. Terus desa cocoknya berapa? Rp 1,4 miliar per desa itu pas," kata Budiman.  

Ia menyarankan, jumlah anggaran itu sebaiknya dipertahankan selama minimal lima tahun. Jika dilakukan, ia optimistis kemiskinan bisa dikurangi dan rumah kumuh bisa ditanggulangi. 

Dari hasil diskusi tersebut, Jokowi justru menjanjikan anggaran Rp 2 miliar per tahun untuk desa berprestasi. 

Jokowi yakin, anggaran minimal Rp 2 miliar per desa sangat bisa diwujudkan. Yaitu dengan adanya pengalihan anggaran subsidi BBM serta penghematan anggaran di 14 kementerian.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA