Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Pengamat: Rakyat Rindu Sosok Presiden Tegas

Kamis 15 May 2014 17:07 WIB

Red: Didi Purwadi

Pemilu 2014

Pemilu 2014

Foto: republika.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Pengamat politik dari Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar, Dr Nyoman Subanda, menilai kini rakyat Indonesia merindukan sosok presiden yang tegas.

"Tidak selalu dari kalangan militer, dari kalangan sipil pun bisa muncul ketegasan asalkan berani dan cepat dalam mengambil keputusan," kata Subanda di Denpasar, Kamis.

Jika dilihat dari calon Presiden pada Pemilu 2014, antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Undiknas Denpasar menilai keduanya memiliki ketegasan walaupun latar belakang berbeda.

"Prabowo sudah pasti memiliki simbol ketegasan karena dari militer, Joko Widodo selama menjabat menjadi Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta cepat dalam mengambil keputusan untuk rakyat," ujarnya.

Terkait dengan siapa yang nantinya akan lebih diminati oleh rakyat, dia berpandangan sosok wakil presiden yang diajak berdampingan akan mempengaruhi hal itu.

"Sampai saat ini belum ada calon presiden dan wakilnya yang mendaftarkan diri secara resmi ke KPU, namun baru muncul duet Prabowo dan Hatta sebagai pasangan capres dan cawapres," kata Subanda.

Pasangan Prabowo dan Hatta dinilai cukup ideal karena saling melengkapi antara simbol militer dan birokrat. Namun, partai yang mengusung mereka sementara masih dari partai kecil yakni Gerindra dan PAN.

"Politik sangat cepat berubah, dari Partai Golkar, Demokrat, dan beberapa partai lainnya belum menentukan sikap," ujarnya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA