Rabu, 14 Zulqaidah 1440 / 17 Juli 2019

Rabu, 14 Zulqaidah 1440 / 17 Juli 2019

PKB Membuka Pintu untuk Hakim Agung Artidjo Alkostar

Jumat 10 Jan 2014 15:43 WIB

Red: Heri Ruslan

Hakim Agung Artidjo Alkostar (kiri) saat Sidang Etik Majelis Kehormatan Hakim (MKH) terhadap mantan Hakim Agung Achmad Yamanie di Mahkamah Agung (MA), Jakarta, Senin (10/12).

Hakim Agung Artidjo Alkostar (kiri) saat Sidang Etik Majelis Kehormatan Hakim (MKH) terhadap mantan Hakim Agung Achmad Yamanie di Mahkamah Agung (MA), Jakarta, Senin (10/12).

Foto: Antara/Dhoni Setiawan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA --  Hakim Agung Artidjo Alkostar dinilai sejumlah pengamat layak menjadi calon presiden alternatif pada Pemilihan Presiden 2014. Artidjo dikenal sebagai Hakim Agung yang jujur dan memiliki integritas.

Wakil Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Zainul Munasichin mendukung usulan para pengamat yang memunculkan nama Hakim Agung Artidjo sebagai calon presiden alternatif. "​Secara pribadi saya mendukung sekali," ujarnya kepada ROL, Jumat (10/1).

Menurut Zainul, semakin banyak orang baik yang mencalonkan diri sebagai presiden RI akan semakin bagus. Dengan begitu, kata dia, publik memiliki banyak pilihan pada Pilpres 2014. "Tidak monoton figur-figur itu saja," ungkapnya.

‎​Apalagi, kata dia, secara karakter Hakim Agung Artidjo Alkostar cocok dengan kebutuhan bangsa saat ini, yaknu penegakan hukum. ''​PKB siap membuka pintu seluas-luasnyanya untuk beliau, jika memang berkenan menjadi capres dari PKB,'' tegasnya.

Nama Artidjo Alkostar sebagai capres alternatif pertama kali dimunculkan oleh Board of Advisors CSIS, Jeffrie Geovanie. Menurutnya, kalau mau kreatif, di tengah kegamangan menghadapi Jokowi, seharusnya partai berani mengajukan capres alternatif seperti Artidjo Alkostar, yang sudah teruji hidup lurus dan jujur.

"Bukankah saat ini masyarakat merindukan figur seperti itu. Kita tunggu saja adakah partai yang berani mencapreskan Artidjo Alkostar. Kalau ada yang berani, maka partai tersebut akan melejit suaranya di Pemilu 2014," ungkap Jeffrie.

Direktur Eksekutif Institute for Transformation Studies (Intrans) Saiful Haq menilai mencuatnya nama Hakim Agung Artidjo Alkostar sebagai calon presiden alternatif yang layak diusung pada Pemilihan Presiden 2014 mendatang tidak mengejutkan.

''Artidjo Alkostar selama ini dikenal sebagai Hakim Agung yang tegas dalam memutus kasus-kasus korupsi di tingkat kasasi. Sepang terjang sebagai "jagal koruptor" merupakan bukti integritas dan kejujuran," ujar Saiful Haq, Jumat (10/1).

Menurut dia, Survei Intrans mengkonfirmasi munculnya nama Artidjo sebagai bukti bahwa kriteria capres yang jujur dan memiliki integritas melekat pada diri Artidjo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA