Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Nasdem Siapkan 2 Kursi DPR untuk TKI

Senin 18 Jun 2012 16:01 WIB

Rep: Mansyur Faqih/ Red: Dewi Mardiani

Ahmad Rofiq

Ahmad Rofiq

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Nasdem menjanjikan slot kursi dewan di DPR untuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri. Harapannya, agar aspirasi selama ini dapat tersalurkan dengan cepat dan penuh keberpihakan.

''Selama ini TKI hanya jadi objek penderita. Sekarang Nasdem ingin menjadi mereka bagian dari subyek perubahan. Mereka berada di dalam dan turut serta untuk mewujudkan perubahan itu sendiri,'' kata Sekjen Partai Nasdem, Ahmad Rofiq ketika dihubungi, Senin (18/6).

Menurutnya, untuk para TKI jatahnya disediakan dua sampai tiga kursi. Ini mengingat untuk masyarakat yang ada di luar negeri dapilnya menyatu dengan DKI Jakarta.

Ini merupakan janji politik yang disampaikan Nasdem untuk mendapatkan dukungan dari para TKI. Nasdem pun telah melakukan peresmian kepengurusan perwakilan partai di Malaysia dan Singapura, Ahad (17/6). Pada kesempatan itu, selain Rofiq, turut hadir ketua majelis nasional partai Surya Paloh, dan ketua umum Patrice Rio Capella, serta 500 orang TKI.

''Dideklarasikannya Nasdem Singapura dan Malaysia karena dua negara ini mempunyai letak geografis yang sangat strategis. Jutaan penduduk Indonesia banyak yang bekerja di sana,'' papar dia.

Menurutnya, pembentukan kepengurusan di dua negara itu, karena Nasdem ingin lebih dekat dengan masyarakat Indonesia di sana. Ini sejalan dengan komitmen perjuangan partai yang salah satunya memperjuangkan aspirasi para TKI yang selama ini seolah olah kehilangan induknya. ''Negara kurang bisa menjadi pengayom yang mampu melindungi warganya di luar negeri.''

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA