Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Cari Presiden yang Ideal, UII Buat panggung Akademik Politik Bagi Capres

Selasa 24 Jan 2012 23:17 WIB

Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menjelang Pemilu 2014, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta berencana membuat panggung akademik politik bagi para tokoh negeri ini yang sudah, akan, atau digadang publik maupun partai politik untuk menjadi calon presiden.

''Gagasan itu bertujuan untuk mencari sosok presiden yang ideal, memiliki akseptabilitas dan kapasitas memadai, mempunyai pengalaman birokrasi yang baik, jujur, tegas, berani, cepat mengambil keputusan, dan tidak tersandera persoalan masa lalu," kata Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, bangsa ini perlu mencari pemimpin yang betul-betul negarawan, mengayomi semua kalangan, dan memiliki kemampuan prima. "Indonesia menghadapi persoalan besar yang belum selesai, meskipun sudah 67 tahun merdeka. Kemiskinan, pengangguran, korupsi, dan ketidakadilan masih menjadi persoalan besar negeri ini," katanya.

Hal itu, kata dia, membutuhkan pemimpin yang luar biasa, yang mau keluar dari kebiasaan selama ini, yang tidak hanya mencari aman atau membentuk kroni, yang membuat posisi Indonesia tetap seperti saat ini atau berjalan lambat untuk memanfaatkan potensi yang dimilikinya.

Ia mengatakan rakyat Indonesia ingin pada 2014 dipimpin orang yang bukan rakus kekuasaan, "kemaruk" harta, yang hanya ingin membangun kerajaan keluarga atau kroninya, dan menciptakan ketidakadilan. Orang yang tidak menjadikan kekuasaan sebagai industri yang menjadi tambang untuk kekayaan pribadi dan kelompoknya.

"Bukan pula orang yang syahwat kekuasaannya telah mengalahkan akal sehatnya sehingga menghalalkan segala cara untuk menggapai kekuasaan dan menggadaikan pribadinya pada pengusaha yang ingin mencari perlindungan penguasa," katanya.

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA