Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Ssssttt... Ini Dia Bocoran Skenario Reshuffle Terbaru, Ada 10 Menteri yang Diganti

Ahad 02 Oct 2011 16:47 WIB

Rep: EH Ismail/ Red: Stevy Maradona

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wapres Boediono berfoto bersama para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II di tangga Istana Merdeka, Jakarta.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wapres Boediono berfoto bersama para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II di tangga Istana Merdeka, Jakarta.

Foto: Antara/Widodo S. Jusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Angin reshuffle kabinet makin berhembus kencang. Informasi terkait bongkar pasang menteri pun mengalir dari mana-mana.

Salah satunya menurut sumber Republika dari kalangan pengusaha. Si sumber tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Dia membeberkan, salah satu skenario yang beredar adalah reshuffle sebagai berikut:

1. Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad yang berasal dari Partai Golkar diplot menggantikan Agung Laksono sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

2. Fadel digantikan Cicip Sharif Sutardjo (Ketua DPP Partai Golkar).

3. Posisi Menteri Negara BUMN bakal diisi Gita Wiryawan yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Kerjasama Penanaman Modal (BKPM).

4. Kursi Gita bakal diduduki Emirsyah Satar atau Sandiaga Uno yang berasal dari kalangan profesional.

5. Menteri Perhubungan Freddy Numberi akan digantikan mantan Kepala Staff AD George Toisutta.

6. Kursi Menteri Pekerjaan Umum diisi Budi Susilo Supandji.

7. Adapun jabatan Menteri Hukum dan HAM akan diisi Amir Syamsuddin dari Partai Demokrat.

8. Menteir ESDM Darwin Saleh bakal dicopot dan digantikan Dirut Pertamina Karen Agustiawan

9. Nasib Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar yang santer diduga terlibat korupsi bakal geser jabatan. Menakertrans dijabat Jumhur Hidayat yang sebelumnya Kepala BNP2TKI.

10. Muhaimin yang meninggalkan kursi Menakertrans akan diplot menjadi Menteri Perumahan Rakyat menggantikan Suharso Monoarfa.

Benarkah skenario ini? Republika belum bisa memastikan, karena kertas reshuffle masih ada di meja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia berjanji akan mengumumkan reshuffle dalam waktu dekat. Kita tunggu saja.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA