Saturday, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Saturday, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Hasto: Lumayan PDIP Menang di Enam Pilgub

Kamis 28 Jun 2018 11:59 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP,  Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (27/6).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP,  Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (27/6).

Foto: Republika/Fauziah Mursid
Kemenangan di enam pilgub tidak jauh meleset dari target PDIP, yakni tujuh provinsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mensyukuri hasil Pilkada serentak 2108 yang menempatkan keunggulan pasangan yang didukung PDIP. Hasto menyebut, dari 17 provinsi yang menggelar pilkada, pasangan yang diusung PDIP menang di enam daerah.

Menurut dia, raihan itu tidak jauh meleset dari target yang dicanangkan partai, yakni tujuh kemenangan. "Ya ada yang mencapai target ada yang tidak, kami dari tujuh target yang bisa mencapai enam, paling tidak itu lumayan,” di Kantor DPP PDIP, Rabu (27/6).

Hasto mengatakan PDIP sudah melakukan pengecekan. Sementara ini dari 17 provinsi, PDIP unggul di Bali, Jawa Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Sulawesi Selatan. “Jadi ada enam yang kami peroleh, ini masih sangat dinamis Sumatra Selatan," ujar dia. 

Kemenangan PDIP antara lain, di Jawa Tengah pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin mengantongi 58 persen. Sudirman Said-Ida Fauziyah yang sementara mengantongi 41 persen.

Di Bali, pasangan yang didukung PDIP Tjokorda Artha Ardhana Sukawati (Koster-Cok Ace) unggul dari  Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta). Berdasarkan hasil hitung cepat lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Koster-Cok Ace memperoleh 58,25 persen sementara Mantra-Kerta 41,75 persen.

Sementara di Sulawesi Selatan, pasangan yang didukung PDIP, yakni Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman, juga menang 42 persen berdasarkan hitung cepat serta mengungguli tiga pasangan lainnya. Di Maluku, pasangan yang didukung PDIP, yakni Murad Ismail-Barnabas Orno, juga menang hasil hitung cepat. 

Modal Pilpres

Menurut Hasto, hasil enam kemenangan PDIP di Pilkada juga menjadi modal untuk persiapan Pilpres 2019. Namun, ia mengatakan, yang tidak kalah menentukan untuk pilpres, yakni kemenangan pada pilkada kabupaten dan kota. 

“Kalau menjelang Pilpres yang menentukan kan kabupaten/kota," ujar Hasto.

Di tingkat kabupaten/kota, PDIP juga menuai hasil yang tidak mengecewakan, yakni pasangan yang didukung PDIP hampir memenuhi 60 persen target partai.  “Alhamdulillah target-target hampir memenuhi 52 persen target partai meskipun ada beberapa yang masih perlu diperlukan verifikasi ulang," ujar Hasto.
Di tingkat kabupaten kota, dari total 154 Kab kota, PDI Perjuangan berpartisipasi di 152 daerah. Dari 152 yang diikuti menang di 91 daerah atau mencapai 60 persen, sedangkan di 59 daerah lainnya PDIP menelan kekalahan. 

Ditinjau dari latar belakang calon, kader PDIP menang pada 71 dari 91 daerah. Terdiri dari 33 kepala daerah dan 38 wakil kepala.

Hasto menambahkan, ada beberapa daerah yang masih perlu menunggu hasil resmi. "Karena bedanya sangat tipis, penting di tingkat kabupaten kota,” ujar dia.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA