Thursday, 13 Sya'ban 1440 / 18 April 2019

Thursday, 13 Sya'ban 1440 / 18 April 2019

PDI Perjuangan Menang di 6 Provinsi

Kamis 28 Jun 2018 09:20 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Esthi Maharani

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP,  Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (27/6).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP,  Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (27/6).

Foto: Republika/Fauziah Mursid
Enam daerah itu Bali, Jawa Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Sulawesi Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksanaan pemungutan suara pada rangkaian pemilihan kepala daerah (pilkada) telah usai. Dari 17 pilkada di tingkat provinsi, PDI Perjuangan (PDIP) diketahui menang di enam daerah, yaitu Bali, Jawa Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Sulawesi Selatan.

“Untuk pertama kalinya Bali dipimpin kader Partai. Dari enam provinsi tersebut, terdapat empat kader Partai yang menjadi gubernur dan tiga kader jadi wakil gubernur," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (28/6).

Sementara itu, di tingkat kabupaten/kota, dari total 154 kabupaten/kota, PDIP hanya berpartisipasi di 152 daerah. Hasto menerangkan, dari 152 yang diikuti, PDIP menang di 91 daerah (60%) dan kalah di 59 daerah. Selain itu, dari 91 daerah yang dimenangi PDIP, kader PDIP yang menjadi kepala daerah 33 orang dan wakil kepala daerah 38 orang.

“Kemenangan PDI Perjuangan berada di tingkat kabupaten/kota. Yang menggembirakan, jumlah kader Partai yang terpilih semakin banyak. Dengan demikian, tolok ukur yang paling riil dalam pilkada ditentukan oleh jumlah kader yang berhasil menjabat sebagai kepala dan wakil kepala daerah, sebagai buah dari proses pendidikan politik kader," ujarnya.

Hasto mengungkapkan, yang menjadi fokus utama PDI Perjuangan saat ini adalah persiapan menuju pileg dan pilpres. Ia mengaku jumlah kader PDI Perjuangan yang menjadi kepala dan wakil kepala daerah telah meningkat secara signifikan, dari 214 pada lima tahun sebelumnya menjadi 345 orang.

"Prestasi dan kinerja para kader ini yang akan menjadi wajah partai dalam memenangkan pileg dan pilpres. Pileg dan pilpres di depan mata, di situlah konsentrasi utama kami saat ini," tuturnya.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil hitung cepat, Provinsi Bali dimenangkan pasangan calon (paslon) Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Jawa Tengah dimenangkan paslon Ganjar Pranowo-Gus Yasin, Maluku dimenangkan oleh Murad Ismail-Barnabas Orno.

Selain itu, di Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba-Yasin Ali unggul, Sulawesi Selatan dimenangkan oleh paslon Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman. Sementara itu, Hasto mengklaim kemenangan juga diraih PDI Perjuangan di Papua. Padahal, Papua sendiri masih akan melangsungkan pemungutan suara susulan di dua kabupaten, Nduga dan Paniai, karena masalah keamanan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA