Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Airlangga Klaim Ada 9 Paslon Diusung Golkar Menangi Pilkada

Rabu 27 Jun 2018 18:47 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Andri Saubani

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto memberi keterangan pers hasil hitung cepat Pilkada 2018 di DPD Partai Golkar, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (27/6).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto memberi keterangan pers hasil hitung cepat Pilkada 2018 di DPD Partai Golkar, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (27/6).

Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Airlangga berharap Pilkada 2018 berjalan secara damai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut sembilan daerah yang diusung partai berlambang pohon beringin itu memenangi Pilkada 2018. Hal itu berdasarkan pemantauan hasil hitung cepat dari sejumlah lembaga survei.

"Yang diindikasikan calon yang diusung Partai Golkar memenangkan pilkada bersama partai-partai lain menang ada sembilan," kata dia dalam konferensi pers di DPD Partai Golkar Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (27/6).

Ia menjabarkan, daerah-daerah tersebut adalah Sumatra Utara, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur,  Kalimantan Barat, Maluku Utara, Papua, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sulawesi Tenggara. Saat ini, ia mengatakan, Partai Golkar masih memantau dua daerah yang belum terlihat indikasi pemenangnya, yakni Riau dan Sumatra Selatan.

"Namun patut diketahui, sebetulnya Riau dan Sumatra Selatan, baik yang diusung Partai Golkar maupun yang lainnya, itu semuanya merupakan kader partai," ujar Airlangga.

Airlangga berharap Pilkada 2018 berjalan secara damai dan membawa Golkar ke tahapan berikut untuk pembangunan masyarakat, nasional, dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, ia juga berharap Pilkada 2018 tidak menimbulkan ekses-ekses yang tidak dikehendaki.

Berdasarkan hasil hitung cepat tersebut, Airlangga menyakini target DPP Partai Golkar tercapai, yakni, 56 persen dan sembilan dari 17 bisa tercapai. Ia mengapresiasi KPU, KPUD, Bawaslu, koalisi-koalisi partai politik yang mendukung calon bersama Partai Golkar, serta partisipasi masyarakat sehingga Pilkada 2018 berjalan aman, damai, dan menyenangkan.

Partai Golkar memandang penting hasil pemilihan kepala daerah yang digelar di 171 daerah, pada Rabu (27/6). Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan mengatakan, kemenangan di pilkada dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk menghadapi pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres).

"Kalau kita menang dalam pilkada tentu kita memiliki kepercayaan psikologis, secara psikologis kita memiliki kepercayaan diri yang kuat karena jarak antara Pilkada dengan pilpres kan relatif lebih dekat," ungkap Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (26/6).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA