Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Pasangan Asyik Menang di TPS Prabowo

Rabu 27 Jun 2018 15:28 WIB

Red: Ratna Puspita

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menunjukan surat suara saat pencoblosan Pilkada serentak 2018 di TPS 017, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/6).

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menunjukan surat suara saat pencoblosan Pilkada serentak 2018 di TPS 017, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/6).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pasangan yang didukung Gerindra, PKS, dan PAN ini unggul dengan perolehan 294 suara.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat (Jabar) nomor urut 3 Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) menang di tempat pemungutan suara (TPS) 017 Kampung Curug, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/6). TPS itu merupakan tempat Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menggunakan hak pilihnya.

Berdasarkan penghitungan suara yang dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang didukung Gerindra, PKS, PAN unggul dengan perolehan 294 suara. Pasangan nomor urut 1 Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Nasdem, PKB, PPP, dan Hanura) memperoleh 15 suara.

Sementara itu, pasangan nomor urut 2 TB Hasanuddin-Anton Charliyan (PDIP) meraih 26 suara. Pasangan nomor urut 4 Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Golkar dan Demokrat) mendapat 23 suara.

Total daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 017 ini berjumlah 453 orang. Total pemilih yang menggunakan hak suaranya adalah 380 orang, terdiri atas 358 suara sah dan 22 tidak sah karena melakukan pencoblosan lebih dari satu kali di satu lembar kertas suara. 

Selain pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, TPS 017 tempat Prabowo memilih juga menyelenggarakan pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Bogor. Saat ini perolehan suara bupati dan wakil bupati Kabupaten Bogor di TPS 017 masih dalam tahap penghitungan.  

photo
Calon Gubernur Jawa Barat Sudrajat bersama Istri Sally Salziah menunjukan surat suara sebelum melakukan pencoblosan di TPS 27, Cikeundi, Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/6). (Republika/Mahmud Muhyidin)

Prabowo menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Jabar di TPS 017 Kampung Curug sekitar pukul 10.30 WIB. Ia hadir mengenakan setelan safari berwarna cokelat muda. Dia disambut warga sekitar TPS.

Prabowo pun menyalami warga yang menyambutnya. Kemudian, dia menciumi satu per satu kening anak-anak warga Bojong Koneng yang ada di sekitar TPS.

"Sudah pada nyoblos belum?" tanya Prabowo kepada warga Bojong Koneng.

Prabowo kemudian masuk ke dalam lokasi TPS mengambil dua lembar kertas suara untuk melakukan pemilihan. Mantan capres 2014 itu sempat menunggu sekitar dua menit sebelum mendapat giliran masuk ke bilik pemungutan suara.

Setelah mencoblos, Prabowo menunjukkan kertas suaranya kepada saksi dan awak media. "Bismillahirohmanirahim," ujar Prabowo seraya memasukkan kertas suara ke dalam kotak.

Ia lalu mencelupkan ibu jari kanan ke dalam tinta. Tak lama setelahnya, Prabowo mencelupkan lagi tiga jari lain ke dalam tinta dan menunjukkan tiga jarinya kepada saksi dan awak media.

photo
Cawagub Jabar Akhmad Syaikhu bersama istri mencoblos di TPS 76 Komplek Antara, Pondokgede, Kota Bekasi Rabu (27/6). (Republika/Fergi Nadira)

Setelah menyelesaikan proses pemilihan, Prabowo menanggapi animo masyarakat Babakan Madang yang antusias mendatangi TPS. "Saya kira ini proses demokrasi ya. Saya lihat masyarakat sekitar sini sudah semakin sadar. Mereka ikut serta menentukan masa depan mereka," ujar Prabowo.

Prabowo juga mengaku optimistis calon yang diusung Gerindra di Jawa Barat dan wilayah lain akan unggul. "Nanti kita lihat, insya Allah. Kita berharap semua proses berjalan dengan baik dan rakyat mendapat pemimpin yang mereka kehendaki," ujarnya.   

Setelah pencoblosan, Prabowo mengaku akan meminum kopi. Namun, dia berkelakar enggan mengajak rekan-rekan media untuk minum kopi bersama.

"Saya mau ngopi. Tapi kopi saya khusus, jadi enggak cukup buat kalian semua," seloroh Prabowo.

Lebih jauh, Prabowo mengatakan, dirinya akan segera menghubungi jajaran pengurus Gerindra untuk menentukan tempat berkumpul menyaksikan proses hitung cepat pilkada.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA