Kamis, 20 Sya'ban 1440 / 25 April 2019

Kamis, 20 Sya'ban 1440 / 25 April 2019

Nuansa Piala Dunia di TPS untuk Tarik Minat Pemilih

Rabu 27 Jun 2018 13:26 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah

 Warga memberikan hak suaranya di TPS yang bertema Piala Dunia

Warga memberikan hak suaranya di TPS yang bertema Piala Dunia

Setidaknya 50 sampai 60 persen pemilih yang ada dalam DPT dapat memberikan hak suara.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Ada begitu banyak cara untuk menarik minat masyarakat dalam berpartisipasi politik di Pilkada 2018. Salah satu cara unik terlihat di TPS XI Perumahan Bumi Asri Blok M Nomor 8, Kelurahan Mulyagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Dengan menggunakan nuansa Piala Dunia, Ketua RW Haris Tofly mencoba menarik partisipasi masyarakat dalam rangka memilih pemimpin lima tahun depan di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018. "Secara momentum, karena ini pas dengan moment piala dunia yang bersamaan dengan penyelenggaraan Pilkada. Kita manfaatkan agar demam Piala Dunia juga mewarnai semua aktivitas kehidupan termasuk Pilkada," kata Haris saat ditemui wartawan di lokasi TPS XI Malang, Rabu (27/6).

photo

Warga memberikan hak suaranya di TPS bertema Piala Dunia (Republika/ Yasin Habibi)

Haris berharap setidaknya 50 sampai 60 persen pemilih yang terdaftar dalam DPT dapat memberikan hak suaranya. Apalagi, dia melanjutkan, sejak pembukaan TPS pada Rabu (27/6) sudah menunjukkan antusiasme yang luar biasa bagi warga setempat. Menurut dia, konsep unik ini juga baru pertama kali dilaksanakan sehingga wajar animo masyarakat untuk datang ke TPS cukup baik.

Selain bernuansa Piala Dunia, TPS juga menyediakan camilan yang dapat diambil sembari menunggu antrean coblosan. Kemudian juga menyiapkan doorprize bagi mereka yang telah memberikan hak pilihnya. "Dengan modal ini, yang termotivasi untuk hadir dapat doorprize. Ada kaos jersey, sembako dan sebagainya," tambah dia.

Menurut Haris, doorprize dapat diambil setelah warga melakukan pencoblosan dengan bukti tinta di jari. Setelah itu mereka diminta mengambil undian bertuliskan doorprize untuk mencoba peruntungan. Jika beruntung, mereka tentu akan mendapatkan hadiah yang seluruhnya disediakan dari uang pribadi sendiri.

photo

Warga memberikan hak suaranya di TPS yang bertema Piala Dunia

Warga Arum Kartikawati menilai konsep yang diberikan TPS sangat bagus dan unik. "Bagus soalnya mumpung Piala Dunia biar semangat untuk memotivasi warga menyoblos. Dapet undian yang hadiahnya kaos jersey," jelasnya.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA