Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Monday, 3 Zulqaidah 1439 / 16 July 2018

Sudrajat Sebut Kebudayaan Sunda Harus Pengaruhi Modernitas

Jumat 22 June 2018 22:11 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Pasangan calon gubernur dan wagub Jawa Barat nomor urut tiga Sudrajat (kiri)-Ahmad Syaikhu (kanan)

Pasangan calon gubernur dan wagub Jawa Barat nomor urut tiga Sudrajat (kiri)-Ahmad Syaikhu (kanan)

Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Sudrajat menyontohkan budaya handap asor yang bisa mendorong kemajuan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Debat pemilihan Gubernur (pilgub) dan Wakil Gubernur Jawa Barat putaran ketiga yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar mulai digelar di Grand Ball Room Sudirman, Jalan Sudirman, Kota Bandung, Jumat (22/6). Dengan tema membangun sumberdaya manusia yang berkualitas di Jawa Barat. 

Pada salah satu sesi, tema yang dibahas tentang Kebudayaan Jawa Barat. Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut tiga, Sudrajat mengatakan kebudayaan terdapat dua hal yaitu budaya dan peradaban yang tidak bisa dipisahkan. Budaya-budaya Sunda harus bisa mempengaruhi peradaban budaya modern agar lebih maju.

"Budaya Sunda diantaranya handap asor adalah budaya yang harus bisa mempengaruhi peradaban budaya modern agar lebih maju," ujarnya, Jumat (22/6). Dia mengatakan, peradaban modern saat ini sudah memasuki peradaban digital maka Jawa Barat akses terhadap internet harus maju.

"Intinya budaya kita adalah memelihara ketakwaan, kejujuran dan sopan santun. Untuk itu dengan kebudayaan harus sejahtera," katanya.

Dirinya menambahkan, tantangan ke depan dalam peradaban global ini adalah berhati-hati dengan teknologi dan mengawasi peradaban modern. Sebab bisa merusak kebudayaan yang ada.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES