Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Khofifah-Emil Janjikan Pendidikan Gratis Berkualitas

Sabtu 16 Jun 2018 11:50 WIB

Red: Joko Sadewo

Pasangan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan)-Emil Elestianto Dardak.

Pasangan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan)-Emil Elestianto Dardak.

Foto: Antara/Zabur Karuru
Pendidikan berkaitan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pasangan calon Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim) menjanjikan pendidikan gratis dan berkualitas, khususnya di SMA dan SMK.

"Kami mengusung pendidikan gratis. Ada plusnya, yakni berkualitas," ujar Emil Elestianto Dardak kepada wartawan di Surabaya, pekan ini.

Program pendidikan gratis yang berkualitas itu, menurut dia, telah tercantum program utama yang akan dijalankan jika terpilih nanti. Program Khofifah dan Emil dicatat dalam program yang diberi nama "Nawa Bhakti Satya”.

Bagi Emil, berbicara mengenai kebijakan pendidikan sebenarnya bukan perkara gratis atau tidak gratis. "Arah kebijakan pendidikan kami lebih spesifik membenahi standar nasional pendidikan," ucapnya.

Dia mencontohkan, dari sekitar 700 ribu siswa SMK di Jawa Timur, 400 ribu di antaranya berada di sekolah swasta. Maka pemerintah juga harus hadir memperhatikan sekolah swasta bukan hanya melalui dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS saja.

Dia menekankan, pendidikan bagi masyarakat Jawa Timur harus gratis dan berkualitas. Dijelaskannya, pendidikan berkaitan dengan peningkatan sumber daya manusia di wilayah setempat. "Kita juga harus memperhatikan komptensi para guru dan akreditasi program studi," ujarnya.

Pasangan Khofifah-Emil mengikuti Pilkada Jatim yang dijadwalkan berlangsung pada 27 Juni, diusung oleh koalisi partai politik Demokrat, Golkar, Hanura, PAN, PPP dan Nasdem. Pilkada Jatim 2018 juga diikuti pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, yang diusung oleh koalisi PDIP, PKB, PKS dan Gerindra.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA